Sekda Tinjau Vaksinasi Booster

0
582

TANJUNGPANDAN—-Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung H.MZ Hendra Caya,SE,.M.Si didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung drg. Dian Farida memantau langsung pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga yang berlangsung di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Belitung, (23/2/2022) Rabu siang.

Saat ditemui awak media, Sekda mengatakan bahwa pelaksanaan vaksin booster terutama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) ini dilakukan agar selalu terjaga kesehatannya, karena ASN memiliki resiko yang tinggi yang berkaitan dalam hal pelayanan. Pada pelaksanaan vaksinasi ini melibatkan Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi khusus ASN, tapi jika ada masyarakat yang mau juga tetap dilayani,” katanya.

Selain itu, pada saat ini lonjakan kasus Covid-19 memang tengah terjadi, bahkan terjadi diberbagai tempat, untuk itu Sekda mengimbau kepada masyarakat terutama ASN agar dapat mengikuti vaksinasi dosis ketiga sebagai kewaspadaan menghadapi Covid-19, serta terus menjaga protokol kesehatan terutama saat berada di tempat keramaian, ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung per 22 Februari 2022, capaian vaksinasi dosis ketiga pada usia di atas 12 tahun yakni sebanyak 5,27 % atau 6.706, sementara vaksinasi dosis pertama dan kedua berturut-turut yakni sebesar 84,55 % dan 75,53 %.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung menyiapkan sebanyak 166 vial vaksin Astrazeneca dan 87 vial vaksin Pfizer dengan dosis yang lebih rendah daripada vaksinasi kedua.

“Dihimbau yang belum vaksin dosis ketiga, silakan, lebih dari enam bulan dari dosis kedua sudah boleh di booster. Bahkan sekarang  kami membuka gerai vaksin di hari Sabtu dan Minggu yang memang ada jadwalnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung drg. Dian Farida. (Dy)