Cegah Penyebaran Covid-19, Bupati Belitung Terus Lakukan Tracking Hingga ke Tingkat Desa

0
75

Selat Nasik__Upaya pencegahan dan penanggulangan virus Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung, salah satunya dengan melakukan berbagai langkah antisipasif dan preventif dengan langsung melakukan pembinaan hingga ke tingkat Desa. Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Belitung juga terus memantau dan terjun langsung  melakukan pengawasan ke beberapa tempat yang disinyalir dapat memperluas penyebaran virus Covid-19.

Upaya tracking juga terus diaksanakan dengan sidak ke sejumlah tempat dan mendatangi langsung tempat-tempat yang dinilai memiliki potensi kerumunan atau keramaian. Hal ini sejalan pula dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Belitung merujuk pada aturan Pemerintah Pusat.

Dalam kesempatan ini, dalam rangka kunjungan dan pembinaan kepada aparatur desa/masyarakat di wilayah Kecamatan Selat Nasik terkait kesiapan dalam penanganan virus covid-19, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos didampingi Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si, perwakilan Unsur Forkopimda Tingkat Kecamatan, Kepala BPBD Kabupaten Belitung, Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dan jajaran terkait lainnya terjun langsung melakukan tracking swab antingen secara acak di beberapa tempat, diantaranya warung makan, toko kelontong yang terletak di seputar Kecamatan Selat Nasik, rumah makan yang terletak di pintu masuk Pelabuhan Suak Gual dan pintu masuk pelabuhan Desa Petaling, Rabu, (11/08).

Sebelumnya, berdasarkan laporan Camat Selat Nasik, Azhari, tercatat hingga tanggal 9 Agustus jumlah keseluruhan kasus positif di Kecamatan Selat Nasik sebanyak 17 kasus. Untuk pola penanganan kasus Covid-19 juga telah dilakukan berbagai upaya  dengan penguatan 3T (testing, tracking dan treatment).

Menurut Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos kegiatan tracking sekaligus pembinaan seperti ini akan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. “Pemerintah Kabupaten Belitung akan terus melakukan tracking di tempat yang mengundang kerumunan hingga ke level  Desa Se-Kabupaten Belitung dan akan terus memantau pergerakan kasus Covid-19 hingga ke tingkat Desa. Setelah dilakukan proses tracking, nantinya akan dilihat persentase penyebaran Covid-19 di Kabupaten Belitung dan akan dipersiapkan langkah-langkah penanganan, penanggulangan dan pengawasan. Saya berharap dengan adanya tracking swab antigen, masyarakat dapat lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan sehingga wabah Covid-19 cepat terselesaikan”, ujar Sahani.

Dari hasil tracking acak yang dilakukan di Desa Selat Nasik, Desa Suak Gual dan Desa Petaling total keseluruhan sebanyak 43 sample diperoleh hasil 3 positif dan 40 negatif.***dk