Bupati Buka Pelatihan Kader Keamanan Pangan

0
154

Bupati Buka Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa Tahun 2022

Tanjungpandan—Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) merupakan salah satu program dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Desa di bidang keamanan pangan agar kemudian dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai ke tingkat perorangan sekaligus memperkuat ekonomi Desa, ujar Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos dalam sambutannya pada saat membuka Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa Tahun 2022 dan Launching Go UMKM di BW Suite Hotel Tanjungpandan (06/06) Senin pagi.

Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan produk pangan dari usaha pangan desa yaitu, Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) dan ritel pangan desa atau toko termasuk koperasi penjual pangan.

Diakhir sambutannya, Bupati berharap kegiatan ini dapat menggelorakan gerakan keamanan pangan desa sekaligus mengembangkan berkelanjutan program ini agar semakin baik lagi dan dapat memberikan pencerahan yang signifikan demi bertambahnya wawasan ilmu pengetahuan serta pengalaman terkait keamanan pangan.

Sementara itu, Kepala Balai POM Pangkalpinang Tedy Wirawan, M.Si,.Apt dalam laporannya menyampaikan bawah Pelatihan  kader keamanan pangan desa pada hari ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan kemampuan kepada para kader dalam mengantisipasi penggunaan bahan berbahaya dalam penggunaan pangan dan makanan di desa. Kami bekali para kader dengan alat uji sehingga mereka bisa melakukan pemeriksaan terhadap indikasi penggunaan bahan pangan berbahaya di desa, dan diharapkan kader ini dapat mengedukasi masyarakat di desa tersebut dalam memberikan pemahaman tentang bahaya penggunaan bahan berbahaya dalam pangan di desa. Jika ada ditemukan penggunaan bahan berbahaya dalam pangan maka kami harapkan kader dapat meneruskan informasi tersebut kepada Loka POM di Tanjung Pandan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BPOM Tanjungpandan, Lurah, perwakilan setiap Desa, serta undangan lainnya.