Bupati Belitung Terima Penghargaan dari KEMENKES RI

0
156

Bali, Prokopim Setda Kab. Belitung – Sehubungan dengan capaian kinerja pelaksanaan Transformasi Kesehatan Pilar 5 SDM Kesehatan Kemenkes RI, bahwa Kabupaten Belitung sebagai penerima penghargaan dalam kategori Daerah dengan Fiskal Rendah dengan Pemenuhan Tenaga Kesehatan Terbaik, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas 2022) Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI sekaligus menerima penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, drg. Arianti Anaya, MKM, Senin (28/11/2022), bertempat di The Trans Resort Bali.

Sesditjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Sugianto, SKM. M. Sc. PH dalam laporannya mengatakan pertemuan kali ini merupakan upaya untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang menjadi salah satu faktor keberhasilan program kesehatan. Peran tenaga kesehatan sangatlah bermakna sebagaimana yang telah ditunjukan selama pandemi Covid-19 kemarin. “Rakornas ini mengambil tema yang merupakan gambaran bahwa peran SDM kesehatan khususnya tenaga kesehatan sebagaimana dikorelasikan ke 6 pilar transformasi kesehatan dimana SDM kesehatan menjadi salah satunya sehingga kita semua perlu saling mendukung dan saling menguatkan. Untuk itu acara ini dirancang sebagai upaya penguatan sinergis 6 pilar transformasi kesehatan terutama pilar SDM kesehatan”, ujar Sugianto.

Pada kesempatan ini, Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU dalam sambutannya secara daring mengatakan, pada hari ini saya bahagia sekali karena bisa menyaksikan penandatangan antara LPDP dengan Kemenkes RI untuk beasiswa. Jadi kerja sama antara LPDP dengan Kemenkes RI ini sangat kita butuhkan, karena merupakan pilar kelima dari Transformasi Sistem Kesehatan Nasional yaitu Transformasi SDM Kesehatan. “Kita kekurangan dokter spesialis, kita kekurangan dokter umum dan kita juga kekurangan perawat yang bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kita. Terima kasih kepada LPDP karena sudah bisa memenuhi SDM Kesehatan yang bisa melayani masyarakat kita terutama untuk penyakit-penyakit yang bisa menyebabkan kematian”, ujar Budi.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan selamat kepada seluruh Poltekes karena sudah berhasil membangun tim khusus yang memang saya minta untuk menyelesaikan tiga hal yang menjadi tugas para Dirut Poltekes. “Yang pertama adalah bahwa semua Poltekes di bawah Kemenkes RI harus bisa memberikan pendidikan terbaik untuk seluruh siswa Poltekesnya. Kedua, Poltekes harus bisa untuk memastikan bahwa kecukupan Tenaga Kesehatan di daerah mereka berada itu terpenuhi. Dan yang terakhir, untuk para Dirut Poltekes supaya dapat membantu Kemenkes RI untuk bisa melakukan monitoring dan evaluasi program-program Kemenkes RI”, lanjut Budi.

Turut mendampingi Bupati Belitung pada acara tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Belitung, KA. Azhami, SE dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Lilis Suryani, S. Km. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Belitung/Dafry/Safwan)