Kunker ke Belitung, Mendagri Diskusikan Langkah Penanganan Covid-19

0
70

Kunker ke Belitung, Mendagri Diskusikan Langkah Penanganan Covid-19

Belitung__Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian tiba di Belitung, Kamis, (2/9) dalam rangka Kunjungan Kerja untuk memberikan arahan kepada Kepala Daerah terkait upaya penanganan Covid-19, percepatan vaksinasi, dan percepatan realisasi APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah).

Sebelumnya, Mendagri berkunjung ke Pangkal Pinang dan melakukan rapat bersama Gubernur dan Unsur Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait penanganan Covid-19.

Menurut Mendagri, ada beberapa hal yang didiskusikan terkait langkah-langkah penanganan Covid-19. “Saat ini, trend nasional untuk Babel relatif menurun untuk kasus Covid-19. Tentunya, saya menyambut gembira perkembangan baik ini, namun harus tetap waspada, jangan terlena. Karena, sekarang ada varian delta yang sudah bermutasi dari virus Covid-19 yang lama, efektifitas penularannya lebih cepat dan berakibat pada kasus kematian yang cukup tinggi, “jelas Tito dalam konferensi persnya.

Lebih lanjut, Mendagri mengingatkan agar tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 dengan langkah penerapan PPKM dan perbaikan protokol kesehatan yang ketat dan konsisten, diantaranya dengan tetap disiplin menggunakan masker, mendeteksi kerumunan dan memperbaiki data. “Cleansing data penting dilakukan. Dan untuk menentukan level berdasarkan pada penyampaian data mingguan. Sehingga pusat bisa menentukan level berdasarkan data yang ada”, ujarnya.

Mendagri juga menyinggung terkait vaksinasi yang harus dipercepat. “Silahkan rekap kebutuhan maksimalnya. Karena perekonomian harus digerakkan. Semua harus bekerja maksimal melalui vaksinasi. Pemerintah Pusat akan mendukung Babel untuk masuk skala prioritas dalam pengembangan perekonomian”, pungkasnya.

Hadir mendampingi Mendagri pada konferensi pers, Gubernur Kepulauan Babel, DR. Erzaldi Rosman, SE, M.M Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, Bupati Belitung Timur, Drs. Burhanudin, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, Sekda Kabupaten Belitung, H.MZ.Hendra Caya, Se, M.Si, dan segenap insan pers dan media.