Pemerintah Daerah Bersiap Sambut World Ocean Assessment (WOA)Tahun 2022 di Belitung

0
103

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Dalam rangka mendukung kesuksesan penyelenggaraan kegiatan Regional Workshop World Ocean Assessment (WOA) 2022 di Kabupaten Belitung, Wakil Bupati Belitung (Wabup), Isyak Meirobie, S. Sn., M. Si bersama jajaran dan stakeholders terkait terus melaksanakan persiapan dalam berbagai aspek mulai dari keamanan, kebersihan dan lainnya melalui rapat persiapan, yang dilaksanakan pada Kamis (17/11)2022, bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung.

Dari segi kebersihan, Wabup mengingatkan agar Jajaran Dinas Lingkungan Hidup untuk fokus membersihkan pada titik-titik yang telah ditentukan. “Sebab kebersihan menjadi hal yang penting seperti pada penyelenggaraan G20”, ujar Wabup.

Untuk layanan kesehatan dalam penyelenggaraan Kegiatan WOA, disampaikan Wabup harus juga diperhatikan. “Kendaraan Ambulance siapkan yang paling lengkap khususnya pada lokasi penyelenggaraan kegiatan. Kemudian untuk Puskesmas Tanjung Binga dan Puskesmas Sijuk, serta RSUD juga harus standby”, tambah Wabup.

Selain itu, pada rangkaian welcoming dinner Kegiatan WOA, Wabup menyarankan agar dapat menampilkan budaya lokal Belitung, mulai dari pakaian adat hingga tarian. “Untuk itu, diperlukan kerja cepat dari berbagai pihak untuk mendukung kesiapan kegiatan, serta publikasi juga harus merata sehingga masyarakat mengetahui event ini”, papar Wabup.

Senada dengan Wabup, dari sisi keamanan, Kapolres Belitung, AKBP Tris Lesmana Zeviansyah menyampaikan pada dasarnya siap untuk mensukseskan Kegiatan WOA, dengan melaksanakan pengamanan sesuai dengan SOP yang ada. “Di luar faktor keamaman, Jajaran Polres Belitung siap untuk menjaga, mensosialisasikan dan menyemarakkan kegiatan ini”, tambah Kapolres.

Untuk diketahui, kegiatan VOA Tahun 2022 akan diikuti oleh 22 Negara dan merupakan pertemuan maritim dunia yang digagas oleh United Nation (UN) Doalos atau PBB, untuk perjanjian hukum kemaritiman. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menunjuk Kabupaten Belitung sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Regional Workshop World Ocean Assessment (WOA) 2022 dan tertuang dalam surat Kemenko Marves nomor 111/DI/DE.01.00/VIII/2022 tanggal 23 Agustus 2022.

Turut hadir dalam pertemuan Kabag Ops. Polres Belitung, General Manager PT. Angkasa Pura II Cabang Bandar Udara H. AS. Hanandjoeddin, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Belitung dan undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Belitung/Ferdini/Teddy)