Bupati Belitung Launching Operasional KMP. Puteri Leanpuri

0
77

Badau, Prokopim Setda Kab. Belitung – Dalam upaya untuk mendukung pembangunan perekonomian dan pariwisata di Kabupaten Belitung, Kementerian Perhubungan RI membuka rute pelayaran dari Pelabuhan Penyebrangan Tanjung Ruu’ Kecamatan Badau ke Pelabuhan Penyebrangan Tanjung Nyato Kecamatan Selat Nasik yang di Launching secara langsung oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos, Kamis (01/12/2022), bertempat di Pelabuhan Tanjung Ruu’ Desa Pegantungan Kecamatan Badau pada pukul 10.30 Wib.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si yang juga sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung dalam laporannya mengatakan, dibukanya rute pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Ruu’ ke Pelabuhan Tanjung Nyato ini adalah wujud komunikasi yang baik antara Bupati Belitung dengan Dirjend Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI. “Diharapkan dengan beroperasinya KMP. Puteri Leanpuri ini dapat memberikan kontribusi positif untuk perekonomian dan pariwisata di Kabupaten Belitung, serta mempermudah akses masyarakat untuk menyebrang ke Pelabuhan Tanjung Nyato ataupun sebaliknya”, ujar Hendra.

Senada dengan Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kab. Belitung, Kepala Balai Pengelolaan Transformasi Darat Wilayah 7 Sumsel Babel, Muhammad Fahmi, ST., MM Tr dalam sambutanya juga mengatakan, beroperasinya KMP. Puteri Leanpuri ini merupakan harapan kita semua untuk bisa mempermudah akses masyarakat. “Ini merupakan bentuk dedikasi kami untuk melayani serta turut berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Belitung. Insya Allah, di Tahun 2024 mendatang kami Kementerian Perhubungan bisa menghubungkan seluruh daerah di Indonesia menggunakan kapal feri”, ucap Fahmi.

Pada kesempatan ini, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos mengatakan, fokus Pemerintah Daerah untuk saat ini memang menjadikan Kecamatan Selat Nasik menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Kelautan dan Perikanan yang berbasis Blue Economy. “Kedepan, kita akan berkolaborasi dengan para akademisi untuk bersama membangun Kabupaten Belitung khususnya Kecamatan Selat Nasik. Karena telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa potensi Geologi di Kecamatan Selat Nasik sangat luar biasa”, ujar Sahani.

Lebih lanjut, dengan bertambahnya akses pelayanan transportasi laut bagi masyarakat, dapat menjadi salah satu indikasi untuk mendorong perbaikan geliat perekonomian di Kabupaten Belitung. Serta dapat berimbas positif bagi pengembangan sektor lainnya, salah satunya sektor pariwisata. “ Saya berharap dengan beroperasinya KMP. Puteri Leanpuri ini dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat luas”, lanjut Sahani.

Hadir pada acara ini Dandim 0414 Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad, GM PT. Angkasa Pura ll (Persero) Cabang Bandara H. AS. Hanandjoeddin Belitung, Khaerul Assidiqi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Belitung, Bakrie Hariansyah, SE, para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Belitung, para Kabag di Lingkungan Setda Kab. Belitung, serta tamu undangan lainnya.

Sebagai informasi, KMP. Puteri Leanpuri ini termasuk jenis kapal RORO yang mampu untuk mengangkut 10 unit mobil, 6 unit truk, 120 penumpang dan 8 ABK, dengan tarif untuk penumpang Dewasa Rp.16.000 dan Anak-anak Rp.12.000. Sedangkan untuk kendaraan, mulai dari Rp.33.000 sampai dengan Rp.1.945.000. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Belitung/Dafry)