Kuatkan Sinergi Dengan Insan Pers, Pemkab Belitung Gelar Kegiatan Press Gathering

0
120

Bandung, Prokopim Setda Kab. Belitung – Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Press Gathering dalam upaya untuk meningkatkan sinergitas dengan insan pers. Kegiatan ini diikuti sebanyak kurang lebih 50 orang wartawan dengan agenda jamuan makan malam, kunjungan ke Kantor Media Pikiran Rakyat dan PT. Promedia Teknologi Indonesia.

Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si mengatakan kegiatan Press Gathering dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi dan keakraban antar sesama, sekaligus untuk wadah bagi insan pers untuk belajar mengelola media dan menjadi jurnalis yang profesional. “Melalui kegiatan ini diharapkan jalinan hubungan insan pers dan Pemerintah Kabupaten Belitung akan terjalin semakin kuat. Karena pers adalah mitra Pemerintah dalam mendukung penyelenggaraan informasi pembangunan daerah”, ujar Sekda saat hadir pada acara Jamuan Makan Malam, Rabu (8/11/2023) bertempat di Rumah Makan Sindang Reret, Bandung.

Lebih lanjut, ditambahkan Sekda kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif, karena wartawan adalah pilar keempat demokrasi. “Ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam kegiatan kunjungan ini, oleh karenanya harus bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menambah ilmu, wawasan dan pengetahuan jurnalistik”, jelasnya.

Sekda juga menekankan jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung agar dapat menjamin keterbukaan informasi publik. Mengingat saat ini sudah era dan zamannya digitalisasi. Seluruh informasi sudah bisa diakses dengan mudah. “Sudah zamannya digital, sudah tidak bisa lagi melakukan intervensi terhadap kerja wartawan. Untuk itu, kita harus menguatkan sinergi agar hubungan kita semakin baik ke depan. Dengan demikian, ke depannya dapat tercipta keharmonisan, keakraban dan kekeluargaan yang lebih ditingkatkan lagi antara pemerintah dan insan pers dalam mendukung pembangunan Belitung”, kata Hendra.

Kemudian Sekda juga mendorong para insan pers agar dapat membuat berita sesuai fakta yang ada bukan semata isu belaka. “Buatlah berita yang valid data dan sumbernya. Karena kebebasan pers harus selalu diiringi dengan tanggung jawab dalam penulisan berita yang dapat dipertanggungjawabkan. Buktikan jati diri dan eksistensi sebagai insan pers yang benar-benar menyuarakan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Karena terwujudnya pemerintahan yang baik salah satunya karena dukungan dari semua insan pers. Semoga Belitung ke depan dapat lebih maju dan bermanfaat bagi masyarakat”, pungkas Sekda.

Turut hadir dalam acara jamuan makan malam Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Muhammad Iqbal, ST, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Belitung, Edi Usdianto, ST, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Nurman Sunanda, SE., MM, jajaran Diskominfo Kabupaten Belitung, Bagian Prokopim Setda Kabupaten Belitung, perwakilan Media Pikiran Rakyat Bandung, serta segenap insan pers. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Fradika)