Pemkab Belitung Kunjungi SKH Kedaulatan Rakyat Jogyakarta

0
145

Jogyakarta, Prokopim Setda Kab. Belitung – Setelah sebelumnya melakukan studi tiru ke Pemerintah Kota Jogyakarta, Pemerintah Kabupaten Belitung kembali melakukan kunjungan ke Media Harian Kedaulatan Rakyat Jogyakarta. Kunjungan ini disambut hangat oleh Komisaris Utama PT. Kedaulatan Rakyat, Prof. Dr. Inajati Andrisijanti didampingi Pemimpin Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat, Drs. Octo Lampito, dan jajaran redaksi.

Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M. Si dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas perkenan jajaran Kedaulatan Rakyat menerima kunjungan Pemkab Belitung. “Dalam kunjungan ini, kami ingin mengetahui bagaimana peran dan hubungan Kedaulatan Rakyat dengan Pemerintah Kota Jogyakarta. Seperti yang kita pahami, tentunya pemerintahan tanpa media tidak bisa berjalan lancar. Untuk itu, dalam kunjungan ini, kami berharap akan mendapatkan informasi bagaimana hubungan komunikasi yang telah dijalin dan dukungan yang diberikan Kedaulatan Rakyat”, ujar Sekda.

Dikatakan Sekda, jika Pemkab Belitung ingin bekerja sama dengan KR di berbagai program, baik wisata, ekonomi dan pembangunan. “KR menjadi media yang bagus sebagai penyedia informasi, terlebih untuk promosi wisata Belitung yang istimewa. Kami ingin belajar dari Jogja melalui KR yang menjadi media tertua di Indonesia”, tuturnya.

Sekda juga mengatakan, di Belitung juga ada beberapa media massa cetak yang tetap eksis sampai sekarang. Selain itu juga semakin banyak media online. Sinergi antara pemerintah dan media massa sangat penting. Namun, dalam bersinergi atau bermitra memang perlu pemilihan media, misalnya yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh pembaca ataupun masyarakat luas.

Sementara, Komisaris Utama PT. Kedaulatan Rakyat menyambut baik kedatangan rombongan dan berharap pertemuan ini dapat menjadi awal yang baik untuk menjalin silaturahmi sekaligus kerjasama. “Kami ingin memberi manfaat positif dalam memberi informasi yang baik bagi masyarakat, mengingat peran media sebagai pemberi informasi ke masyarakat. Di satu sisi, KR memiliki emotional appeal sebagai penggalang amal untuk pembangunan sarana prasarana akibat bencana atau non bencana,” tuturnya.

Lebih jauh, dikatakannya dukungan KR untuk Pemkot Jogya diberikan dengan berupaya mendukung event-event dan program kerja pemerintah melalui kegiatan publikasi dan pemberitaan. “Kami menjalin hubungan yang baik karena kita mempunyai simbiosis mutualisme, mengingat Pemkot dalam melaksanakan program kerja melibatkan kepentingan masyarakat dan dalam hal ini media dilibatkan sebagai penyampai untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan event-event dan program kerja Pemerintah kepada masyarakat”, jelasnya.

Dalam pertemuan ini, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung, Dr. Zakina, S. Sos, M. Si juga menambahkan jika Pemkab Belitung melakukan beberapa strategi untuk menjalin hubungan baik dengan media. “Kami senantiasa berupaya agar Pemda dan awak media bisa duduk bersama untuk memikirkan kemajuan Belitung. Kami berharap, kunjungan atau silaturahmi ke KR Group bisa menambah banyak wawasan, misalnya terkait sinergi pemerintah dengan media massa”, imbuhnya.

Turut hadir dalam kunjungan, Asisten Administrasi Setda Kabupaten Belitung, Drs. Suksesyadi, Wakil Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan, Martin Dwista dan jajaran serta segenap jajaran Bagian Prokopim Setda. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Fradika)