Dishub Gelar Seleksi Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

0
260

 

Tanjungpandan___Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Seleksi Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si pada Selasa, (16/7/2019) bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Perhubungan.  

Ketua panitia acara, Suheri dalam laporanya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merubah pola pikir, cara pandang, sikap, perilaku dan tanggung jawab para pelajar agar dapat menjadi contoh bagi sahabat dan masyarakat yang lainnya. Program ini sekaligus juga sebagai media sosialisasi terkait tata tertib keselamatan lalu lintas.

Sementara Kadin Perhubungan Kabupaten Belitung, Ir. M. Ubaidillah, dalam arahannya mengatakan, adapun dasar hukum dilaksanakannya kegiatan ini tidak lepas dari amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang mana salah satu amanatnya mengingatkan kita akan pentingnya melaksanakan disiplin lalu lintas.

‘’Mengingat saat ini Kabupaten Belitung sedang menggiatkan sektor pariwisata dan hal tersebut erat kaitannya dengan penerapan disiplin lalu lintas, diantaranya; terkait dengan bagaimana kita bisa mengatur lalu lintas dengan baik, dan hal ini harus menjadi perhatian kita bersama’’, ujarnya.

Lebih lanjut, Ubaidillah mengatakan bahwa sebagai pelajar pelopor, mereka harus ikut berperan serta untuk mengatur disiplin berlalu lintas. ‘’Kita mencoba menggalakkan hal positif seperti ini untuk memanfaatkan keberadaan pelopor lalu lintas ini dalam mendukung keberhasilan program keselamatan lalu lintas ke depan. Mudah-mudahan, adik-adik yang nantinya terpilih dapat memanfaatkan ilmu dan pengetahuan yang didapat, sehingga dapat berguna bagi kemajuan program keselamatan lalu lintas’’, kata Ubaidillah.

Dalam arahannya, Wabup  menilai  kegiatan  seperti  ini  besar  manfaatnya  bagi  generasi  muda guna mengisi hal-hal yang positif. Menurutnya, untuk menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, para pelajar harus mampu mempraktekkan ilmu pengetahuan yang didapat dan harus bisa menyuarakan tentang keselamatan lalu lintas di kalangan generasi muda. Karena hal ini lebih kepada persoalan keselamatannya bukan hanya tentang pengetahuannya. Dan pelopor harus bisa menyebarkan virus positif kepada para sahabat dan masyarakat luas’’, harap Isyak.

Lebih lanjut, Wabup juga mengajak para pelajar agar bisa menyampaikan informasi terkait masalah keselamatan lalu lintas dengan gaya bahasa milenial. Karena dimanapun kalian berada, kalian harus bisa menjadi cermin bagi orang lain. Tularkan aura positif kepada orang-orang disekitar agar pengetahuan yang diperoleh dapat memberikan manfaat yang berguna bagi suksesnya pelaksanaan program keselamatan lalu lintas ini ke depan. ‘’Teruslah berjalan ke depan, karena kadangkala banyak orang yang sering bermimpi di malam hari, akan  tetapi  hanya  sedikit  saja  yang bangun di pagi hari untuk mewujudkannya’’, ujar Wabup.

Kegiatan ini diikuti para peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing Sekolah Menengah Atas se-Kabupaten Belitung dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang. Para peserta yang terpilih menjadi pemenang nantinya akan diikutsertakan kembali pada ajang Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas tingkat Provinsi Bangka Belitung yang akan dilaksanakan awal Agustus 2019 mendatang.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Belitung, para nara sumber dan undangan lainnya***dk