Bupati Hadiri Paripurna HJKT

0
168

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Tahun 2022, meskipun pandemi Covid-19 masih ada ditengah masyarakat tetapi tidak menyurutkan langkah Pemerintah Daerah bersama Legislatif dalam membangun Kabupaten Belitung dalam seluruh sektor pembangunannya, hal ini dapat terlihat dari dipercayanya Pulau Belitung sebagai tuan rumah pada DWG G20 pada 7 hingga 9 September 2022 mendatang. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni delegasi negara anggota G20, delegasi khusus Uni Eropa ditambah 9 negara pemantau atau perwakilan organisasi internasional. Jumlah peserta yang hadir diperkirakan lebih dari 1.000 orang dan dinilai bakal mendongkrak perekonomian masyarakat, mulai dari perhotelan, travel hingga Usaha Kecil dan Menengah di tengah pandemi Covid-19.,”  Ujar Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos dalam sambutannya pada Sidang Paripurna DPRD dalam memperingati Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) yang ke-184 Tahun 2022 di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Belitung (01/07) Jumat pagi.

Selain itu, event internasional tersebut, capaian positif Tahun 2022 selanjutnya juga diraih Pemerintah Kabupaten Belitung yang kedua kalinya memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021, pada 19 Mei 2022 yang lalu dan diserahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Capaian tersebut merupakan predikat tertinggi dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan yang terdiri dari empat tingkatan jenis opini yaitu, Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified Opinion), Wajar Dengan Pengecualian (Qualified Opinion), Tidak Wajar (Adversed Opinion) dan Tidak Menyatakan Pendapat (Disclaimer Of Opinion).

Diakhir sambutannya, Bupati berpesan untuk bersama kita tingkatkan sinergitas dalam membangun Kota Tanjungpandan serta Kabupaten Belitung, dengan menerapkan protokol kesehatan, menjaga suasana yang kondusif, menjaga citra sebagai masyarakat yang ramah dan santun, serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang kita miliki

Sementara itu Sekretarsi Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr. Drs. Naziarto, SH,.MH dalam sambutanya menyampaikan bahwa Kabupaten Belitung memiliki potensi yang sangat menjanjikan dan sangat strategis yang perlu kita kembangkan, merupakan daerah indah serta kaya akan potensi wisata dan nilai-nilai budaya. dengan nama yang sudah dikenal di seluruh nusantara dan potensi wisata yang sangat menjanjikan inilah yang harus diperhatikan oleh pemerintah setempat untuk dikembangkan sebagai industri yang strategis yang nantinya dapat melibatkan masyarakat setempat untuk ikut berpartisipasi membangun negeri serumpun sebalai dengan cara dan porsinya masing-masing. Keberhasilan pembangunan di berbagai bidang pada akhirnya bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera. hal ini diukur dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, meningkatnya pendapatan per kapita, meningkatnya tabungan masyarakat serta meningkatnya daya beli masyarakat. menjaga daya beli masyarakat untuk tetap stabil di tengah kondisi pandemi ini merupakan suatu indikator bahwa pemerintah kabupaten belitung bersungguh-sungguh untuk tetap menjaga stabilitas ekonomi yang pada akhirnya juga menjaga kesejahteraan masyarakat.

Diakhir acara dilakukan penyerahan nasi tumpeng ke salah satu ahli waris KA. Rahad, Penyerahan Penghargaan Nirwasita Tantra dari Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke Bupati Belitung dan Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Penyerahan Sertifikat kategori pejabat publik dan pejabat TNI yang sudah pernah sampai di puncak peramun oleh Ketua Pengelola Bukit Peramun kepada bapak Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos, Pj. Gubermur kepualaun Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Letkol Rudi Hartono Danlanud Tanjung Pandan,dan Penyerahan piagam penghargaan untuk Desa Tanjung Rusa, Desa Air Seru dan Desa Badau sebagai desa Terbersih dan Kelurahan Pangkallalang terpilih sebagai Kelurahan Terbersih tahun 2022.

Turut hadir dalam acara ini Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Bupati Belitung Timur, Forkominda Kabupaten Belitung,  Kepala OPD Se Kabupaten Belitung, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN, Lurah/Desa Se-Kabupaten Belitung, Ahli Waris KA. Rahad, Tokoh Agama, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat dan Undangan lainnya. (Bagian Prokopim Setda Kab. Belitung/Teddy)