Bupati Belitung Resmi Buka Belitung Expo 2022

0
196

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Pemerintah Kabupaten Belitung dalam hal ini Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja (KUMPTK) Kabupaten Belitung dapat kembali melaksanakan event tahunan Pameran Belitung Expo 2022 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke 184, dengan tajuk “UMKM Belitung Naik Kelas, Ekonomi Semakin Teratas”. Event yang diselenggarakan selama lima hari, dari Tanggal 1 Juli sampai 5 Juli 2022 dan diikuti oleh 138 peserta ini resmi dibuka oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos didampingi oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S. Sn., M. Si dan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si, Jum’at (01/07/2022), bertempat di Pantai Wisata Tanjung Pendam Belitung.

Pada laporan yang dibacakan oleh Ketua Panitia yang juga menjabat Kabid KUKM Dinas KUMPTK Kab. Belitung, Budi Swasta Kartiman mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah untuk memberdayakan UMKM dalam mengembangkan usaha dan kreatifitas produksi UMKM yang sempat terpuruk di masa pandemi Covid 19. “Dengan dilaksanakannya Belitung Expo 2022 ini diharapkan menjadi stimulan bangkitnya perekonomian masyarakat UMKM di Kabupaten Belitung dan memotivasi semua UMKM agar tetap berkarya dan berinovasi dalam mengembangkan usahanya. Serta meningkatkan pemahaman para UKM untuk mengembangkan dan menggali potensi dalam meningkatkan produksi, pengemasan, pemasaran dan membuka wawasan UKM untuk lebih maju dan berkembang dalam menuju peningkatan ekonomi kerakyatan” jelas Budi.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos pada sambutannya mengatakan, moment ini merupakan salah satu sarana bagi Pemerintah Daerah untuk mempromosikan sektor-sektor unggulan dalam pembangunan di Kabupaten Belitung. “Miniatur stand-stand pameran yang ditampilkan dalam kegiatan ini adalah cermin untuk mengevaluasi hal-hal apa saja yang harus ditingkatkan dan menjadi fokus perhatian bersama dalam penentuan kebijakan pada masa yang akan datang” ujar Sahani.

Lebih lanjut, event seperti ini dapat kita jadikan sebagai indikator sejauh mana perkembangan pembangunan yang telah dilaksanakan. Tentunya berbagai kemajuan yang telah kita capai hingga saat ini, harus terus kita tingkatkan melalui dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat. “Kedepannya saya berharap event seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan, mengingat ekspos secara langsung melalui event pameran seperti ini akan memberikan dampak positif terhadap geliat pertumbuhan ekonomi” tambah Sahani.

Hadir pada acara ini Ketua DPRD Kab. Belitung, Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Dandim 0414/Belitung, Danpos AL Tanjungpandan, Wakil Bupati Belitung Timur, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya. (Bagian Prokopim Setda Kab. Belitung/Dafry)