Bupati Belitung Ingin Kekayaan Alam Selat Nasik Dikelola Masyarakat

0
94

 

Selat Nasik- Harapan tersebut disampaikan oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. saat hadir dalam Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Selat Nasik, yang diselenggarakan pada Selasa, (16/02)2021, bertempat di Kantor Kecamatan Selat Nasik.

Menurut Bupati, Selat Nasik yang merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Belitung yang memiliki potensi kekayaan alam yang

luar biasa, sehingga harusnya dapat dikelola oleh masyarakat. “Potensi kekayaan alam laut dan darat, aku inginkan masyarakat yang akan mengelolanya”, ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati, adapun potensi tersebut diantaranya Mina Agro Tourism yang dapat dikelola oleh Komunitas Masyarakat Selat Nasik, peluang pengembangan HKM menjadi Hutan Sosial, hingga potensi lada dan durian yang dapat menjadi icon Selat Nasik. ” Dengan potensi tersebut, Selat Nasik ini luar biasa bisa mandiri jika dikelola dengan baik”, tegas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak Aparatur Pemerintahan Kecamatan dan Desa, untuk fokuskan mengelola dana desa yang diprioritaskan bagi peningkatan perekonomian masyarakat di Kecamatan Selat Nasik.

Sementara itu, dalam sambutannya Camat Selat Nasik, Azhari, S.IP.,M.Si menyampaikan bahwa Tema Pembangunan Musrenbang RKPD Kabupaten Tingkat Kecamatan Tahun Perencanaan 2022 adalah Pemulihan ekonomi melalui penguatan potensi unggulan daerah. “Berdasarkan tema tersebut diharapkan ekonomi saat ini kembali pulih ditengah  terpaan  pandemi Covid-19 melalui penguatan potensi unggulan daerah khususnya unggulan kecamtan selat nasik”,  tambah Azhari.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan merupakan forum musyawarah yang dilaksanakan setiap tahun, untuk merumuskan dan menyepakati apa saja prioritas usulan rencana pembangunan Tahun 2022 dari pemangku kepentingan di setiap Kecamatan dengan disinkronkan pada pengembangan sektor-sektor dalam pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah bersama Pemerintah Pusat. Hasil dari Musrenbang hari ini, nantinya akan berguna dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat se- Kecamtan Selat Nasik dan undangan lainnya. (Fauzi/FW)