Pemerintah Kabupaten Belitung Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021 di Destinasi Wisata Gurok Beraye Gunung Tajam Kecamatan Badau

0
18

Bupati Belitung, H, Sahani Saleh,S.Sos., didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie,S.Sn.,M.Si., meresmikan gerbang destinasi wisata Gurok Beraye Gunong Tajam sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021, Minggu (21/02), bertempat di destinasi wisata Gurok Beraye Gunong Tajam, Desa Kacang Butor Kecamatan Badau.

Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Lingkungan Hidup mengadakan berbagai kegiatan terkait Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 yang dipusatkan di Gurok Beraye desa Kacang Butor  diantaranya, kegiatan bersih lingkungan, pembentukan Satgas Kebersihan (LEBAH) desa Kacang Butor, peresmian gerbang destinasi wisata Gurok Beraye, bazar dari olahan sampah, pemberian hadiah kepada petugas kebersihan, penarikan undian pemilahan sampah berhadiah atau program RAPIAH dan penyerahan bantuan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan dengan lingkup kerja di Kabupaten Belitung.

Kepala Desa Kacang Butor, Hadian dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Belitung yang telah memilih wisata air terjun Gurok Beraye sebagai tempat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021. “Gunong Tajam dan Gurok Beraye adalah salah satu destinasi wisata yang ada didesa Kacang Butor  yang terdapat tempat wisata religi yang sering dikunjungi yaitu makam Syech Said Hassan Abdullah  yang merupakan ulama yang gigih dalam menyiarkan agama Islam di Pulau Belitung.  Kami berharap dukungan dan sinergitas dari semua pihak, agar bahu membahu dalam peningkatan fasilitas wisata di HKM Gunung Tajam ini, sehingga dapat berkembang lebih jauh dan menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Belitung”,harapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edi Usdianto dalam sambutannya mengatakan “Dengan tema Sampah Bahan Baku Ekonomi dimasa Pandemi yang merupakan tema HPSN tahun ini, mari kita bersama-sama peduli  akan kebersihan dengan  kreatifitas mengolah sampah   menjadi produk yang mempunyai nilai tambah.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini selain memperingati Hari Peduli Sampah Nasional juga memperkenalkan HKM Gurok Beraye dengan berbagai potensi yang dapat dikembangkan agar sejajar dengan HKM-HKM yang sudah ada”, jelasnya.

Sementara itu Bupati Belitung mengatakan “Hari ini kita memperingati hari sampah nasional yang dilakukan di Gurok Beraye yang merupakan salah satu geosite yang ada di Belitong. Banyak hal unik di Gunung Tajam ini yang dapat digali dan dikembangkan, sehingga menambah geoculture yang sudah ada.

Tentunya, daerah tujuan wisata harus aman, indah dan bersih, sehebat apapun tempat wisata kalau tidak aman, tidak bersih  jangan berharap untuk  dikunjungi, oleh karena itu, harus kita maknai lebih jauh peringatan hari peduli sampah ini, makin lestari alam kita, makin sejahtera anak cucu kita”, ujar  Sahani.

Lebih lanjut Bupati mengatakan “Melalui Hari Peduli Sampah Nasional ini, kepada seluruh masyarakat diharapkan berperan aktif dalam mengurangi sampah terutama sampah plastik. Pemerintah daerah terus berupaya dalam hal ini,  sebagai contoh, penambahan tenaga kebersihan yang ada di Dinas Lingkungan Hidup,  penyiapan peralatan tempat pembuangan sampah  dan lain sebagainya. Tetapi  kalau masyarakat tidak peduli tidak ada gunanya usaha dari pemerintah tersebut, maka dari itu  gerakan peduli sampah secara nasional ini  diharapkan  dapat  memberikan pemahaman dan mengedukasi masyarakat”,jelasnya.

Acara Peringatan ditutup dengan makan bedulang, hadir pada acara tersebut Kepala SKPD terkait, Camat Badau, serta tamu undanga