Serahkan Bantuan Sembako, Bupati Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

0
239

Sijuk__Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos menghimbau masyarakat agar tetap waspada terkait penyebaran virus corona atau Covid-19. “Saat ini meskipun 4 (empat) pasien positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh, tinggal ada 1 (satu) lagi penambahan pasien positif dari Belitung Timur, namun saya himbau agar kita tetap harus berhati-hati dan mematuhi aturan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah, seperti anjuran untuk menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini tetap harus menjadi perhatian kita bersama”, kata Bupati dalam sambutannya pada kegiatan Penyerahan Bantuan Sembako sebanyak 20 (dua puluh) paket kepada masyarakat Desa Pelepak Puteh, Selasa (12/5/2020) bertempat di Kantor Desa Pelepak Puteh, Kecamatan Sijuk.

Lebih lanjut, kata Sahani, bantuan sembako yang diberikan ini berkenaan dengan dampak Covid-19. Saat ini, musibah Covid-19 telah menimbulkan berbagai dampak bagi kehidupan masyarakat, salah satunya dampak perekonomian masyarakat yang menurun. “Hal inilah yang menjadi perhatian penting Pemerintah. Oleh karenanya, diberikanlah bantuan-bantuan ini agar bisa membantu meringankan beban ekonomi masyarakat. Dan menjadi tugas kami untuk mendata dan menginvetarisir pembagian bantuan-bantuan ini agar tepat sasaran”, ujarnya.

Ditambahkan Bupati, saat ini Pemerintah Daerah sedang mengupayakan agar bantuan-bantuan yang ada ini, bisa tersalurkan dengan baik. “Kami upayakan, seminggu sebelum menjelang hari Raya Idul Fitri, semua bantuan sudah diberikan kepada masyarakat. Untuk itu, kepada masyarakat yang merasa belum kebagian atau sebaliknya mendapat bantuan lebih, silahkan datang kepada Pemerintah Kecamatan/Desa atau posko tim penanggulangan Covid-19. Silahkan berkoordinasi dan sampaikan sebaik-baiknya persoalannya. Jadi, jangan khawatir tidak kebagian. Mari kita terus bersyukur dan mengambil hikmah positif atas persoalan Covid-19 yang sedang kita hadapi saat ini”, pungkas Sahani.

Sementara itu, Kepala Desa Pelepak Puteh, Erdiansyah dalam laporannya mengatakan, hingga saat ini upaya pencegahan Covid-19 terus dilaksanakan Pemerintah Desa, diantaranya meliputi kegiatan penyemprotan di wilayah-wilayah, seperti tempat ibadah, sekolah, posyandu, tempat-tempat yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat banyak. Selain itu, kami juga telah mendata warga kami yang rentan terhadap penyakit. “Kami laporkan pula, saat ini untuk warga penerima BPNT dan PKH terdata sebanyak 77 Kepala Keluarga (KK). Gugus tugas juga telah melakukan Musdessus terkait bantuan dana desa, yang mana datanya telah kami sampaikan ke Kecamatan, tinggal menunggu hasil verifikasi apakah warga kami yang terdata layak atau tidak layak untuk menerima bantuan tersebut”, jelasnya.

Ditambahkan Erdiansyah, saat ini warga kami juga telah menerima beberapa bantuan sembako, diantaranya dari PT. AMA sebanyak 50 paket, dari PT. Timah sebanyak 30 paket sembako dan telah disampaikan kepada masyarakat. “Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat terkait dampak Covid-19”, tuturnya.

Selanjutnya, dihari yang sama, bantuan sembako sebanyak 20 paket juga diserahkan Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk masyarakat Desa Tanjung Binga. Bantuan diberikan secara simbolis kepada 5 (lima) perwakilan  warga penerima bantuan di Kantor Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si, Kepala BPBD Kabupaten Belitung, Hendri, S, para Camat/Kades/Perangkat Desa Terkait, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung, Dr. Zakina, S.Sos, M.Si serta undangan lainnya.***dk