Sekda Belitung Resmikan KUA Kecamatan Sijuk

0
101

Sijuk, Prokopim Setda Kab. Belitung – Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si menghadiri sekaligus meresmikan gedung baru Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sijuk, Rabu (28/09) 2022, bertempat di Halaman Kantor KUA Kecamatan Sijuk pada pukul 10.00 Wib.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Belitung, Drs. H. Masdar Nawawi mengatakan, 3 bulan yang lalu kita baru saja menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung ini, tidak terasa sekarang sudah berdiri gedung yang sangat representative untuk memberikan pelayanan agama kepada masyarakat Kecamatan Sijuk ini. Pembangunan KUA yang representative sangat dibutuhkan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang bukan saja hanya melayani Nikah, tapi ada layanan-layanan lainnya seperti layanan dibidang haji, zakat dan wakaf, layanan kemasjidan, layanan bina paham keagamaan dan layanan layanan di bidang keagamaan lainnya.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta membantu pembangunan gedung ini sehingga bisa selesai dengan hasil yang kita semua harapkan. Kedepan, kami akan terus memperbaiki sarana dan prasarana serta SDM yang ada di KUA Kecamatan Sijuk ini, sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Sijuk ini”, ujar Masdar.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kep. Babel, Drs. H. Tumiran, M. H dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana prioritas Kementerian Agama RI yang salah satunya adalah Kemenag RI mendapatkan amanah dari Bapak Presiden untuk terus memperbaiki diri, dengan prioritas revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA). Kabupaten Belitung dan Belitung Timur sudah mendapatkan perhatian serius dari Kementerian Agama RI terkait revitalisasi gedung ini, salah satunya yang sudah kita bangun adalah Madrasah Aliyah yang ada di Kabupaten Belitung. “Kedepan, InsyaAllah kami juga akan membangun Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Badau dan Selat Nasik. Kami sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Kabupaten Belitung, supaya rencana ini bisa segera terwujud”, ujar Tumiran.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si dalam sambutannya mengatakan, revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) ini sangat dibutuhkan, supaya dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Sijuk ini. Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan ujung tombak pemerintah dalam melayani masyarakat terutama pelayanan dibidang keagamaan, baik urusan pernikahan, layanan haji maupun penyuluhan agama.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Agama RI atas perhatian serius yang telah diberikan untuk daerah kami, sehingga bisa membangun dua gedung KUA baru sekaligus. Kami juga berharap dengan dibangunnya gedung KUA ini, menjadi upaya Kementerian Agama RI dalam meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, ujar Hendra.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kep. Babel dan Kepala Kantor Kemenag Kab. Belitung yang menandai diresmikannya gedung baru Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sijuk ini.

Hadir pada acara ini Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanjungpandan, Kepala Kesbangpol Kabupaten Belitung, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Belitung, Camat Sijuk serta tamu undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Dafry)