Bupati Belitung lakukan Penandatanganan Kerjasama antara PT. PJB Services PLTU Belitung dengan Pemerintah Kabupaten Belitung

0
106

Badau, Prokopim Setda Kab. Belitung –  Limbah abu pembakaran batu bara atau Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN kini telah digunakan sebagai material untuk membangun rumah, jalan, hingga jembatan. Pemanfaatan FABA dapat menekan biaya hingga 50 persen dibanding menggunakan material konvensional. Saat ini, oleh Pemerintah Pusat FABA telah digunakan untuk membangun 18,8 kilometer jalan, 2 jembatan hingga 3.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan FABA untuk berbagai keperluan, ujar Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos dalam sambutannya pada kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT. PJB Services PLTU Belitung dengan Pemerintah Kabupaten Belitung tentang Sinergi Pemanfaatan Fly Ash & Bottom Ash (FABA) PLTU Belitung di Halaman TPQ Dusun Suge Kecamatan Badau (26/09) Senin pagi.

Kedepannya, hasil limbah abu batubara atau FABA akan semakin dimanfaatkan menjadi produk-produk yang ramah lingkungan. Hal tersebut adalah bukti, bahwa pemerintah terus berupaya untuk memanfaatkan nilai tambah dari hasil pembakaran batubara menjadi produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan. Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, akan juga mendorong pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA) dari PLTU menjadi barang yang bernilai ekonomis.Dalam regulasi baru tersebut, sisa pembakaran batu bara pada PLTU berupa FABA dikategorikan sebagai limbah bukan bahan berbahaya dan beracun (B3), harap Sahani.

Sementara itu, Aji Riswanto selaku Manajer Unit PLTU Suge dalam laporannya mengatakan bahwa Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) sebagai limbah padat yang dihasilkan dari pembakaran batu bara pada pembangkit tenaga listrik, sebenarnya masih dapat dimanfaatkan lagi menjadi substitusi bahan baku; sebagai substitusi sumber energi; ataupun bahan baku sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam perkembangannya FABA dapat diolah menjadi produk lain yang bermanfaat seperti genteng atau produk lain seperti paving block.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Belitung, Forkominda Kabupaten Belitung, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Kepala OPD ,Camat Badau, Kades serta undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Teddy)