Sekda Hadiri Launching Program Klinik Ekspor Komoditas Pertambangan

0
82

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Klinik ekspor bertujuan untuk memperluas pangsa pasar produk ekspor sehingga mampu berkontribusi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Dan program ini juga mendorong aktifitas perekonomian daerah guna mencapai devisa daerah yang berorientasi ekspor, ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si dalam sambutannya pada launching program klinik ekspor komoditas pertambangan di Aula Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea & Cukai Tanjungpandan (12/07) Selasa pagi.

Selain itu, klinik ekspor ini juga akan membantu para pelaku usaha untuk memahami tentang bagaimana tata cara prosedur ekspor dan syarat apa saja yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan proses ekspor dan dengan adanya klinik ekspor ini juga memberikan asistensi kepada pelaku usaha, berkenaan dengan legalitas, perizinan bahkan termasuk pengisian administrasi sistem perizinan berusaha yang terintegrasi.

Diakhir sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa dengan adanya klinik ekspor ini para pelaku usaha sektor pertambangan akan lebih dimudahkan untuk melaksanakan aktivitas berkenaan dengan kegiatan usaha masing-masing, mengingat sektor pertambangan di Belitung masih menjadi salah satu penyumbang terbesar pada sektor perekonomian daerah, untuk itu para pelaku usaha agar dapat terus mengembangkan sektor dan mengembangkan pangsa pasar dengan tujuan luar negeri, salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan klinik ekspor ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea & Cukai Tanjungpandan Jerry Kurniawan dalam laporannya menyampaikan bahwa klinik ekspor komoditas pertambangan memiliki pemahaman tentang bagaimana tata cara prosedur ekspor dan syarat apa saja yang harus dibawa. Selanjutnya, Klinik Ekspor memberikan asistensi kepada para pelaku usaha, antara lain dalam hal legalitas, perizinan, bahkan termasuk pengisian sistem perizinan berusaha terintegrasi yang dikenal dengan Online Single Submission (OSS). Mudah-mudahan dengan adanya klinik ekspor komoditas pertambangan ini akan membantu pemulihan ekonomi nasional dan mendatangkan manfaat untuk Pulau Belitung ke depan.

Turut hadir dalam acara ini GM Pelindo II Cabang Tanjungpandan, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tanjungpandan, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjungpandan, Kepala KSOP Tanjungpandan, Perwakilan Surveyor dan Pengusaha Tambang di Kabupaten Belitung. (Bagian Prokopim Setda Kab. Belitung/Teddy)