Pemkab Belitung Dukung Penuh Pelaksanaan G20

0
214

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi Belitung bisa menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan event bergengsi G20 yang berlangsung sejak tanggal 7 s.d 9 September 2022. Untuk itulah, berbagai upaya dan dukungan terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Belitung bahkan sampai berakhirnya pelaksanaan event ini nantinya.

Menurut Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, pelaksanaan event G20 menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkab Belitung untuk berbuat lebih dan bersaing dengan daerah lain. ‘’Ini kesempatan bagi daerah untuk membuktikan diri bahwa Belitung mampu untuk mendukung kesuksesan pelaksaan event bertaraf internasional G20. Oleh karenanya, kami sudah siapkan beberapa fasilitas dan infrastruktur untuk mendukung kelancaran pelaksanaan G20 ini. Kami mendukung sepenuhnya pelaksanaan G20 ini’’, ujar Sahani.

Lebih lanjut, kata Sahani, saat ini pelaksanaan G20 sudah berjalan, para delegasi juga sudah hadir di Belitung dan beberapa kegiatan dan agenda penting sudah berjalan. Namun, kami tidak cepat berpuas diri, hingga kini terus melakukan pengawasan dan pemantauan apa-apa yang sekiranya masih dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan G20 ini akan dipenuhi dengan baik. ‘’Berbagai dukungan juga terus diberikan untuk kesuksesan G20 ini, salah satunya dukungan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan juga para stakeholders lainnya. Kami terus melakukan koordinasi dan kerja sama kepada masing-masing pihak kegiatan G20 ini. Tentunya dengan dukungan dan kerja sama inilah yang membuat kami siap mensukseskan pelaksanaan G20’’, ujar Bupati.

Kata Sahani, Event G20 dapat menjadi ajang promosi pariwisata bagi Belitung, baik itu potensi keindahan alam, kearifan lokal masyarakat, pertunjukan seni budaya daerah, produk kuliner dan UMKM.‘’Belitung juga memiliki geopark yang merupakan taman kekayaan dunia. Potensi-potensi inilah yang bisa menjadi daya tarik para delegasi G20 untuk melirik keunikan Belitung. Mudah-mudahan dengan berlangsungnya event G20 ini akan menimbulkan multiplier effect yang akan mengantarkan Belitung menjadi semakin dikenal dunia dan dapat mendorong kemajuan perekonomian daerah, dan nantinya para delegasi dan tamu undangan yang hadir dapat kembali berkunjung dan membawa keluarganya kembali mengunjungi ke Pulau Belitung’’, pungkasnya.

Beberapa agenda kegiatan G20 juga turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa, Pj Gubernur Babel, Kapolda Bangka Belitung, dan sejumlah pejabat lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Fradika)