Paparkan Hasil Kinerja Efektif Pembangunan di Kampus (STPMD) “APMD” Yogyakarta

0
123

Yogyakarta, Prokopim Setda Kab. Belitung – Hal tersebut disampaikan Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos saat menjadi narasumber pada Kuliah Umum Program Studi Pembangunan Sosial, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) “APMD” Yogyakarta, dengan tema Manifestasi Kinerja Efektif dalam Pembangunan Sosial Berkeadilan, pada Rabu (08/06) 2022, bertempat di Ruang M. Soetopo STPMD “APMD” Yogyakarta.

“Belitung itu dari segi mineral semuanya ada lengkap, hanya batu bara yang tidak ada. Kemudian secara flora fauna, flora kita komplit dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai Taman Bumi Global (Geopark). Selain itu, Belitung juga dikenal dengan 10 Bali baru”, ujar Bupati.

Menurut Bupati, penetapan sebagai Taman Bumi Global dan 10 Bali baru merupakan bentuk capaian dari kinerja efektif hasil dari implementasi ilmu sosial dari kampus dan juga pengalaman. “Ilmu dari akademisi itu sebagai basic kita. Kemudian di gabungkan dengan teori di lapangan”, jelas Bupati.

Disamping itu, dukungan kondisi yang aman dan kondusif dari masyarakat yang majemuk menjadi kunci capaian dari kinerja efektif dalam pembangunan sosial berkeadilan di Kabupaten Belitung. “Agama dan budaya apapun ada di Belitung, tapi Alhamdulillah tidak pernah ada benturan dari unsur SARA. Karena kita , harus memahami masyarakat kita, supaya bisa meredam gejolak apa saja. Kemudian secara ekonomi kita aman, itulah yang menyebabkan kita kondusif” tambah Bupati.

Sementara itu, Ketua STPMD “APMD” Yogyakarta, Dr. Sutoro Eko Yunanto, M.Si dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap agar informasi yang disampaikan pada kuliah umum bisa diimplementasikan oleh para peserta. “Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati Belitung yang telah berkunjung ke Kampus dan menjadi narasumber disini. Supaya apa yang Bapak sampaikan bisa untuk dipakai oleh mahasiswa/mahasiswi kita” jelas Sutoro.

Kuliah umum yang diikuti oleh masyarakat umum dan mahasiswa tersebut, diawali dengan penandatanganan MOU antara Program Studi Pembangunan Sosial STPMD “APMD” Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Belitung, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Belitung, Junaidi, S.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Belitung, Drs. Soebagio, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kab. Belitung, Edi Usdianto, ST., MM, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung, DR. Zakina, S. Sos., M. Si, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Antonio Apriza, S.IP., M. Si serta tamu undangan lainnya. (Bagian Prokopim Setda Kab. Belitung/ Dafry)