Duta GenRe Tingkat Kelurahan/Desa Dikukuhkan

0
338

Sijuk, Prokopim Setda Kab. Belitung – Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus  bangsa  kita kini dan ke depan. Pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas. Masa remaja merupakan masa  transisi yang pasti dialami oleh setiap individu dari kanak-kanak menuju dewasa dan memungkinkan adanya ketidakjelasan antara arah pemikiran dan tingkah laku remaja tersebut, ujar Wakil Bupati Belitung yang sambutannya dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Belitung, Bakri Hauriansyah,SE pada kegiatan Pengukuhan Duta GenRe Tingkat Kelurahan/Desa di Kantor Desa Keciput Kecamatan Sijuk (27/07) Rabu pagi.

Untuk itu, dalam rangka menjaga masa depan generasi muda di Indonesia, khususnya di Kabupaten Belitung agar terhindar dari tindakan-tindakan yang menjurus kepada permasalahan dan kenakalan remaja, maka diperlukan program-program remaja yang mampu mengarahkan generasi muda agar siap memasuki fase tersebut, seperti Program Generasi Berencana (GenRe) yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Diharapkan nanti BKKBN RI dapat terus mendukung Pemerintah Kabupaten Belitung dalam mewujudkan GenRe yang berkualitas, sehingga nantinya mereka menjadi contoh positif bagi generasi muda lainnya, yang dimulai dari lingkup Desa pada hari ini,  sehingga mereka tumbuh menjadi kader bangsa yang berprestasi dan berkualitas tinggi guna membangun Indonesia menuju kearah pembangunan yang seutuhnya sesuai dengan cita-cita bangsa yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, harap Bakri dalam mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Deputi APDIN BKKBN RI, Sukaryo Teguh dalam sambutannya mengatakan bahwa stunting merupakan anak bayi yang gagal karena tumbuh dalam 1000 hari karena kekurangan gizi. Kasus anak stunting bisa dicegah dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan sebagai nutrisi yang baik dan diteruskan sampai 2 tahun dengan tetap memberikan makanan tambahan. Anak stunting bukan penyakit, untuk itu mari kita rawat anak-anak kita agar bisa tumbuh lebih baik dan kedepannya. dengan di kukuhkannya Duta GenRe hari ini bisa menjadi komunikator ke kawan sebaya agar mempunyai ilmu dalam mempersiapkan keluarga dalam segala hal, sehingga perwujudan keluarga bahagia dan sejahtera dapat diwujudkan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Bidang Administrasi Umum Prov.Kep. Babel Yunan Helmi, Kepala BKKBN Prov.Kep.Babel Fazar Supriadi Sentosa, Ketua Persit KCK Cabang XLI Kodim 0414 Belitung dr.Izza Hairil Achmad, Ketua PIA Ardhiagarini Lanud H.AS. Hanandjoeddin Inggrid Rudy Hartono, Kepala DPPKBPMD Salman Alfarisi, Kepala Desa Keciput Pratiwi Perucha serta undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Teddy)