Babel Jadi Tuan Rumah Temu Kerja Nasional Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022

0
249

Sijuk, Prokopim Setda Kab. Belitung – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya Kabupaten Belitung terpilih menjadi tempat berlangsungnya kegiatan Temu Kerja Nasional Regional Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26-29 Juli bertempat di Hotel Santika Premiere Sijuk, Kabupaten Belitung, dan dibuka secara resmi oleh kepala BKKBN RI, Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG pada Selasa, (26/07/2022).

Menurut Kepala BKKBN RI, Pemutakhiran data merupakan hal yang penting dilaksanakan untuk mengoptimalisasikan cangkupan upaya pencatatan data, salah satunya data stunting. “Kita juga perlu adanya langkah-langkah evaluasi untuk cakupan pengendalian kegiatan di lapangan melalui pelaksanaan program-program yang ada. “Kami berharap para pihak terkait bisa terus meningkatkan komitmen dan memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Pengolahan data dan informasi tentunya membutuhkan peran serta Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten. Oleh karenanya, melalui kegiatan ini nantinya kita akan lebih banyak sharing terkait pendataan yang dilaksanakan. Kami mohon dukungan semua pihak agar pelaksanaan pemutakhiran data ini dapat berjalan lancar, salah satunya guna menekan angka stunting di Indonesia”, jelasnya.

Ketua Panitia Acara, Lina Widyastuti, dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memantapkan komitmen, menyamakan presepsi, serta meningkatkan kompetensi kualitas data melalui pemutakhiran data sebagai bagian dari program prioritas BKKBN. “Kegiatan ini diikuti para peserta yang berasal dari 15 Provinsi dengan total sebanyak 170 peserta. Rangkaian acara akan diisi dengan kegiatan penyampaian materi oleh narasumber, diskusi panel, serta kunjungan ke kampung KB yang ada di Kabupaten Belitung”, jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S. Sn, M. Si diawal sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta, dan juga terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini di Belitung. “Perjalanan pembangunan Belitung penuh lika liku yang tidak mudah. Apalagi masyarakatnya sejak dulu sudah dimanjakan dengan keberadaan sektor tambang, sampai akhirnya beralih pada pengembangan sektor pariwisata. Hal ini butuh proses dan perjuangan yang tidak mudah dan terus dilakukan Pemerintah Daerah. Untuk itu, melalui kegiatan ini kami berharap adanya pemutakhiran data pendataan keluarga yang bisa membantu memberikan gambaran detail tentang pembangunan daerah, salah satunya data terkait garis kemiskinan Belitung”, ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup juga menaruh harapan adanya aplikasi yang bisa mensupport data yang bisa digunakan untuk membantu daerah mengatasi permasalahan kependudukan, salah satunya untuk mengatasi masalah stunting dan menekan angka kemiskinan. “Kami perlu dukungan dan kolaborasi dari segenap pihak terkait agar harapan-harapan tersebut bisa diwujudkan. Untuk itu, kami mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan mudah-mudahan data yang dihasilkan nanti dapat menjadi acuan perencanaan, intervensi maupun pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan pemerintah. Saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini, silahkan nikmati keindahan Belitung. Semoga betah dan berkesan selama di Belitung”, pungkas Isyak.

Senada dengan Wabup, Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Drs. Yunan Helmi, M.Si menyambut baik dan berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini. “Kami bangga dapat berperan serta dalam proses pemutakhiran data yang mutakhir dan akurat, serta akan terus mendukung sepenuhnya kegiatan ini, mengingat pentingnnya pemutakhiran data keluarga sebagai bagian dari langkah teknis untuk mendukung proses pembangunan. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tertib serta menghasilkan dampak positif yang berguna dan bermanfaat bagi upaya kita bersama meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, katanya.

Acara pembukaan ditandai dengan pemakaian rompi slogan BKK dan pemukulan gendang. Turut hadir dalam acara Deputi bidang ADPIN BKKBN, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M. Pd, Kepala perwakilan BKKBN Babel, para Direktur dilingkungan kedeputian ADPIN BKKBN, perwakilan OPD di lingkungan Pemprov Babel, para peserta dan undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Fradika)