Bupati Belitung Membuka Secara Resmi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat

0
102

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat, Selasa  (17/11)  bertempat di Aula UPT Kulong Keramik, Tanjungpandan.

Ketua Pelaksana Gogo Butar Butar, ST dalam sambutannya mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas berbasis  masyarakat dalam bentuk pelatihan ketenagakerjaan bagi pekerja korban PHK atau yang dirumahkan sebagai dampak dari Covid-19. Peserta berjumlah 128 orang, terdiri dari pelatihan pembuatan masakan dan kue tradisional, pelatihan bahasa inggris pariwisata, pelatihan instalasi listrik tenaga surya sederhana, pelatihan desain label dan kemasan produk, pelatihan pembuatan video konten untuk youtube, pelatihan teknisi baja ringan dasar, pelatihan pembuatan masker rajut dan aksesorisnya dan pelatihan untuk pelayanan restoran (Pramusaji).

“Kegiatan ini diharapkan akan dapat memberikan dampak yang positif bagi peningkatan kualitas pencari kerja di Kabupaten Belitung, sehingga diharapkan peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat menciptakan kesempatan kerja baru, baik secara mandiri secara kelompok usaha”, jelasnya.

Sementara itu Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan “Saya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini dan  memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta pelatihan, apalagi ditengah masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini, kita harus bisa kreatif dan inovatif untuk menciptakan peluang usaha”.

Lebih lanjut Bupati mengatakan salah satu tantangan terberat kita saat ini adalah bagaimana secara bersama-sama, dalam hal ini pemerintah bekerja sama dengan wirausaha-wirausaha, baik dalam skala kecil, menengah maupun besar bisa menghasilkan produk/jasa yang kreatif dan inovatif, sehingga kita mampu mendorong kemajuan perekonomian daerah, sekaligus mampu bersaing di pasar domestik maupun mancanegara.

”Kepada para peserta pelatihan, saya harapkan agar senantiasa bersemangat, disiplin, percaya diri untuk menumbuhkembangkan segenap potensi dan keterampilan yang dimiliki. Besar harapan saya, melalui kegiatan ini, agar setiap peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, serta menyerap dan mengaplikasikan ilmu, pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang diberikan oleh  nara sumber/fasilitator, sehingga nantinya dapat diterapkan dalam dunia kerja”, ujar Bupati.

Hadir pada acara tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, Kepala Dinas KUMKMPTK Kabupaten Belitung, Adnizar serta tamu undangan lainnya.