Wabup  Harapkan  Gerak  PKK  Jadi  Mitra Diskusi  Pemerintah Kabupaten Belitung

0
21

Tanjungpandan- Memasuki usia ke-49 Tahun 2021 ini, tentunya peran serta dari Gerak PKK di Indonesia sudah tidak diragukan lagi khususnya dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si. menyampaikan harapannya saat hadir pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-49 Kabupaten Belitung Tahun 2021, pada Selasa, (16/11)2021,   bertempat   di   Gedung   Serba Guna Pemkab Belitung.

Menurut Wabup, sesuai dengan tema (HKG) PKK Ke-49 “Keluarga Pelopor Menuju Indonesia Maju”, diharapkan Gerak PKK Kabupaten Belitung dapat menjadi mitra diskusi dan mitra gerak Pemerintah Daerah dalam menuntaskan beberapa pekerjaan rumah, dengan menggerakkan partisipasi  masyarakat  dalam  pembangunan.  “Misalnya  PR  soal  stunting,  banyak  pernikahan dini tanpa pendampingan dari orang yang tepat  maka  akibatnya  muncul  stunting.  Untuk  itu edukasi penting dengan dukungan tim penggerak PKK”, ujar Wabup.

Ditambahkan Wabup, selanjutnya terkait tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan, tentunya cara memperbaiki tidak mudah padahal toilet-toilet sudah disediakan. “Ini juga memerlukan peran dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung”, jelas Wabup.

Selain itu, Wabup juga mengajak agar Tim Penggerak PKK juga dapat mendukung Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak. “Kita belum naik kelas, jadi bukan penghargaan tetapi perasaan aman bagi anak dan bagaimana anak-anak merasa aman ketika beraktivitas di lingkungan sekitar”, ujar Wabup.

Melihat pentingnya, peran Gerak PKK sebagai mitra diskusi diharapkan Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung dapat dalam memberikan solusi juga kepada para pendamping yakni para suami. “Sebab tidak ada keputusan yang baik tanpa peran dari ibu”, jelas Wabup.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-49 Kabupaten Belitung, Ny. Panugrah Purnasawitri, S.Pdi dalam sambutannya menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan semakin meningkatkan persepsi yang sama tentang pelaksanaan program bagi Tim Penggerak PKK, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan tujuan, program dan kegiatan PKK, dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Diakhir acara ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Belitung, didampingi oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Belitung dan Ketua Dharma Wanita Kab. Belitung yang hadir melaksanakan pemotongan tumpeng dan menyerahkan secara langsung piala serta sertifikat kepada para juara lomba dalam rangkaian HKG PKK Ke-49 Kabupaten Belitung Tahun 2021.

Turut hadir dalam acara, Sekretaris Daerah Kab. Belitung, H.MZ. Hendra Caya, S.E., M.Si. beserta jajaran, Unsur Forkopimda Kab. Belitung, serta undangan lainnya. (Ferdini)