Pemerintah Kabupaten Belitung LaunchingAplikasi Siswaskeudes

0
38

Tanjungpandan- Melalui aplikasi Sistem Pengawasan   Keuangan   Desa (Siswaskeudes) tersebut, Pemerintah Daerah ingin semakin meningkatkan kualitas     pengawasan      dan penyelenggaraan keuangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, sebagaimana disampaikan oleh Wakil

Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si. saat hadir dalam Acara Pencanangan Peningkatan Nilai Maturitas Penyelenggaraan SPIP dan Launching Siswaskeudes di Kabupaten  Belitung,  pada  Kamis,  (04/11)2021,  bertempat  di  Gedung  Serbaguna  Pemkab Belitung.

Untuk itu, Wabup mengajak setiap Aparatur Pemerintah mulai dari level Desa untuk sering memanfaatkan aplikasi Siswaskeudes. “Tentunya sistem pengawasan keuangan dilevel desa hingga keatas yang dibuat harus sering kita gunakan, agar menjadi kebiasaan dan culturedalam kehidupan”, ujar Wabup.

Ditambahkan Wabup bahwa sistem penting bukan hanya dibuat untuk memudahkan tetapi untuk mengingatkan diri sendiri, ketika berada pada jabatan tertentu. “Sehingga kasus penyimpangan keuangan yang terjadi akan dapat diminimalisir dan berkomitmen untuk zero  case”, kata Wabup.

Untuk itu, menurut Wabup diperlukan motivasi dari Aparatur Pemerintah untuk mempelajari sistem yang ada dengan kecanggihan teknologi. “Digitalisasi itu wajib, transformatif, kolaboratif, penting dalam penyelenggaraan pemerintahan sehingga terintegrasi dan mampu membuat capaian yang baik dan berkualitas”, ujar Wabup.

Diakhir sambutannya, Wabup berharap agar Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bangka Belitung dapat juga mendukung kerja sama dari pelaksanaan acara pada hari ini. “Sehingga next years kita  sudah  bisa  mencapai  suatu tahapan, bukan karena takut nilainya rendah tetapi lebih kepada substansi kualitas. Selalu saya ingatkan penghargaan dan capaian apapun itu nomor 2 (dua) dan hanya booser saja, yang penting itu adalah esensinya, dan itu harus didukung oleh kualitas system yang kita bangun dari cultureyang dilaksanakan”, ujar Wabup.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ikhwan Mulyawan berharap melalui aplikasi ini dapat mendukung terlaksananya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam acara Kepala Inspektorat Kabupaten Belitung, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Belitung, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Perangkat Daerah dan Perangkat Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dan undangan lainnya.        ( Supriadi/ Ferdini)