Turnamen Mancing Belitong de Sintak 2022 Resmi Dimulai

0
132

Sijuk, Prokopim Setda Kab. Belitung – Pemerintah Kabupaten Belitung dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Belitung dapat kembali melaksanakan event turnament memancing untuk keenam kalinya selain Mancing de Belitong dengan tajuk Belitong de Sintak batch III Tahun 2022. Turnamen yang diselenggarakan selama dua hari, dari Tanggal 11-12 Juni 2022 resmi dibuka oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos yang didampingi oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S. Sn., M. Si dan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si, Sabtu (11/06) 2022, bertempat di Pantai Wisata Tanjung Kelayang.

Dalam laporan yang dibacakan oleh Ketua Pelaksana, Erwan Junaidi menyebutkan turnamen ini diadakan sebagai wahana promosi potensi daerah dan pendidikan dalam mengenalkan alat ramah lingkungan dan mengkampanyekan kegiatan anti destructive fishing kepada masyarakat sebagaimana telah diinstruksikan dalam Instruksi Presiden Nomor 15 Tahun 2011 tentang Perlindungan Nelayan, yang mengamanatkan Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk menindak tegas setiap pelaku penangkapan ikan secara melawan hukum, tidak dilaporkan, tidak diatur (Illegal, Unreported, Unregulated Fishing) dan penangkapan ikan yang merusak (Destructive Fishing) di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan dampak positif terhadap kemajuan pariwisata bahari melalui wisata memancing di Kabupaten Belitung terutama dalam mengembangkan destinasi wisata alternatif berupa desa wisata (Community Based Tourism) di pesisir utara Kabupaten Belitung. Selain itu juga sebagai momentum dalam perbaikan tata kelola dan pemanfaatan potensi kelautan dan perikanan berbasis masyarakat pesisir sehingga diharapkan pembangunan sektor perikanan dan pariwisata dapat berjalan beriringan guna mewujudkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)” jelas Erwan Junaidi.

Pada kesempatan ini, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos juga menegaskan bahwa event ini terselenggara bertujuan untuk mempromosikan potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Belitung yang sangat luar biasa. “Mudah-mudahan event seperti ini bisa terus terlaksana, kalau bisa untuk kuota peserta bisa ditambah supaya peserta dari luar daerah bisa turut berpartisipasi. Karena event seperti ini adalah kesempatan kita untuk bisa memperkenalkan potensi kelautan dan perikanan kita ke kanca nasional maupun internasional” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Belitung juga menambahkan supaya kita bisa terus menjaga kelestarian laut dengan cara tidak menggunakan alat tangkap ikan yang bisa merusak ekosistem di laut. “Potensi Kelautan dan Perikanan kita ini sangat luar biasa, nelayan kita di Kabupaten Belitung ini hampir semuanya sejahtera dikarenakan hasil laut mereka yang melimpah. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk bisa menjaga dan melestarikan laut kita” tambah Bupati Belitung.

Turnamen yang diikuti oleh 60 tim, 45 tim reguler/lokal dan 15 tim undangan dan sponsor ini diawali dengan pelepasan Tukik Penyu oleh Bupati Belitung dan tamu undangan lainnya.

Hadir pada acara ini Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Kapolres Belitung, Kasdim 0414/Belitung, Danpos AL Tanjungpandan, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya. (Bagian Prokopim Setda Kab. Belitung/ Dafry)