Bupati Belitung Kunjungi Pemkab Garut Untuk Optimalkan Pemanfaatan BTT

0
157

Garut, Prokopim Setda Kab. Belitung – Didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos melaksanakan kunjungan Kerja ke Pemerintah Kabupaten Garut, untuk koordinasi dan konsultasi Optimalisasi Pemanfaatan BTT (Biaya Tak Terduga), sekaligus juga terkait penerimaan hibah Sarana Pemadam Kebakaran dari luar negeri, pada Rabu (15/06/2022), bertempat di Kantor Bupati Garut.

Dalam kunjungan yang disambut oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP tersebut, Bupati Belitung mengungkapkan terima kasih dan berharap agar Pemkab Garut dapat memberikan support dan dukungan terkait hibah dari luar negeri. “Kami betul-betul merasakan suatu kebanggaan karena sangat disambut disini. Kami mendapatkan informasi kalau Garut mendapatkan bantuan dari luar negeri. Termasuk juga adanya bantuan untuk sarana Pemadam Kebakaran dan juga pertanian”, ungkap Bupati Belitung.

Dijelaskan Bupati bahwa kunker ini penting, sebab secara aturan pemerintah daerah harus menyiapkan sarana Pemadam Kebakaran karena Sektor Pariwisata di Belitung sedang maju. ” Dengan adanya kabar bantuan ini, maka kami langsung belajar ke Pemkab Garut untuk mendapatkan bantuan dan informasi disamping optimalisasi BTT juga untuk langkah mendapatkan Hibah mobil Pemadam Kebakaran”, ujar Bupati.

Selain itu, terkait event G20 yang akan diselenggarakan di Belitung, Bupati Belitung juga membuka peluang untuk mempromosikan produk UMKM Kabupaten Garut. “Nanti kita bisa bekerja sama untuk produk UMKM yang ada di Kabupaten Garut supaya bisa juga ditawarkan di G20. Kami juga mengajak beberapa daerah lainnya untuk ikut berpartisipasi di pameran yang akan diselenggarakan di Kabupaten Belitung nanti”, jelas Bupati.

Sementara itu, Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP mengucapkan selamat datang kepada rombongan dan menjelaskan sedikit informasi terkait BTT yang telah diterima sebelumnya oleh Kabupaten Garut. “Dari pengelolaan keuangan kami sudah baik menurut BPK dan sudah WTP 8 kali. Tentang BTT (Biaya Tak Terduga) kami kelola dengan sangat hati-hati, kami juga menetapkan dulu masa tanggap darurat baru konsultasi dengan BPK supaya bisa mengeluarkan BTT” jelas Bupati.

Selain itu, Bupati Garut juga menyampaikan kekagumannya terhadap Kabupaten Belitung dan akan memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh Pemkab Belitung. “Belitung ini luar biasa yang mampu merubah ekonominya dari Timah ke Pariwisata. Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga lebih besar dari kita. Bahkan potensi alamnya luar biasa. Untuk itu kami siap memberikan support yang dibutuhkan oleh Pemkab Belitung terkait BTT dan dana hibah”, ujar Bupati.

Selain pariwisata, dalam kunker juga dibahas terkait pengembangan Sektor Pertanian dan ketahanan pangan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan ramah tamah.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Drs. Nurdin, MH, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Garut, Asisten ll Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kab. Garut, Asisten lll Bidang Administrasi Umum Setda Kab. Garut, Staf Ahli Bupati Garut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Belitung, Ir. Destika Effenly, MM, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Belitung, Hendri Suzanto, S. Sos, M.M. Tr, Kabag Umum Setda Kab. Belitung, KA. Azhami, SE., M. AP, Kabid Aset BPKAD Kab. Belitung, Dedy Kurniawan, S. IP serta tamu undangan lainnya. (Bagian Prokopim Setda Kab. Belitung/Dafry)