Sekda Dukung SP4N-LAPOR Untuk Tingkatkan Pelayanan Publik Di Kabupaten Belitung

0
65

Tanjungpandan- Dukungan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung (Sekda) H.MZ. Hendra Caya, S.E., M.Si. dalam Kegiatan Evaluasi Pengelolaan Pengaduan dalam SP4N-LAPOR!, yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB Republik Indonesia, pada hari Jum’at, (01/10)2021,   bertempat   di   Ruang   Rapat Bupati Belitung.

Menurut Sekda, pengelolaan pelaporan publik baik laporan yang negatif dan positif sangat penting, sebagai masukan untuk pembangunan di daerah. “Sehingga SP4N-LAPOR harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Belitung”, ujar Sekda.

Terkait pengelolaan laporan dari publik, dijelaskan Sekda bahwa Kabupaten Belitung juga memiliki aplikasi ” Besadu” (Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan). “Untuk itu, kami berharap agar nantinya aplikasi “Besadu” Pemerintah Kabupaten Belitung dapat diintegrasikan dengan SP4N-LAPOR, sehingga pelayanan terhadap laporan publik dapat terus ditingkatkan”, ujar Sekda.

Melihat pentingnya SP4N-LAPOR, Sekda juga menyarankan agar aplikasi SP4N-LAPOR tersebut dapat disosialisasikan kepada publik, sehingga masyarakat dapat ikut memanfaatkannya  sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Analis Kebijakan Muda Sub-Koordinator Sistem Informasi Pelayanan Publik, Kementerian PANRB RI, Rosikin, S.I., M.M. menyampaikan bahwa sesuai dengan Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, maka mewajibkan setiap penyelenggara pelayanan publik untuk menanggani pengaduan dari publik. “Untuk itu, SP4N- LAPOR harus dikelola dengan baik, sebab pengaduan penting sebagai kesempatan bagi instansi pemerintah untuk melakukan evaluasi dan perbaikan pelayanan” jelas Rosikin.

Rosikin menambahkan untuk optimalisasi penggunaan SP4N-LAPOR juga nantinya akan terus disosialisasikan kepada publik. “Sebagus apapun aplikasi memang harus disosialisasikan kepada masyarakat atau publik sebagai user”, ujar Rosikin.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengevaluasi dan mendorong pengelolaan pengaduan dalam Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik tersebut, diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah terkait secara daringbagi Kab/Kota Se- Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Turut hadir Jajaran Inspektorat Prop. Kep. Bangka Belitung, Inspektorat Kab. Belitung, Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Belitung, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Belitung, Kepala Bagian Organisasi dan Kepala Bagian Hukum Setda Kab. Belitung, dan undangan lainnya. ( Ferdini)