Resmikan Gedung Pelatihan Desa Aik Pelempang Jaya,  Bupati Belitung Ingin Fokus Pengembangan SDM

0
81

Tanjungpandan__Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos meresmikan Gedung Pelatihan Desa Aik Pelempang Jaya, Selasa, (26/1). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Belitung didampingi perwakilan anggota DPRD Kabupaten Belitung, perwakilan unsur forkominda Kabupaten Belitung, perwakilan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepala Desa Aik Pelempang Jaya, Camat Tanjungpandan, dan disaksikan oleh seluruh undangan  yang hadir.

Bupati Belitung dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada perangkat desa yang telah bermufakat untuk pembangunan gedung ini. Hal ini bagian dari upaya untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia yang orientasinya untuk membangun masa depan. “Kita jangan hanya berpikir instan tapi berpikir jauh untuk kemajuan ke depan. Saat ini untuk mendidik masyarakat atau SDM yang memiliki skill, sarana-sarana seperti inilah yang dibutuhkan. Dan hal ini merupakan bagian dari kebutuhan pelayanan dasar kita dan wajib dilaksankan, salah satunya pengembangan sektor pendidikan dan kesehatan”, ungkap Sahani.

Lebih jauh, Sahani juga menengaskan bahwa ke depan orientasinya akan dibuatkan tempat-tempat pelatihan untuk pengembangan SDM dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan pariwisata. Mengingat pariwisata itu, multiplier effect semuanya bisa dikembangkan, salah satunya sektor pertanian. Pelatihan-pelatihan dalam upaya peningkatan skill SDM akan terus kita laksanakan ke depan. “Fasilitas-fasilitas seperti inilah yang harus dipenuhi dan diberikan untuk masyarakat. Karena hal  ini dapat memberikan  peluang untuk masyarakat agar bisa hidup secara mandiri dan mengembangkan diri melalui fasilitas-fasilitas yang disediakan Pemerintah Daerah. Ha ini bisa memotivasi masyarakat untuk menjadi lebih baik dengan berusaha dan berkarya menciptakan peluang usaha’’, ujarnya.

Selanjutnya, Bupati juga berharap agar masayarakat bisa manfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya dan dikembangkan lagi untuk kegiatan positif lainnya. “Kawasan ini juga bisa menjadi destinasi wisata baru dalam upaya kita mengembangan pariwisata daerah. Dan juga yang harus menjadi perhatian kita agar bisa terus menjaga suasana aman, rukun dan tentram dalam kehidupan masyarakat. “Saya ingatkan pula, dimasa pandemi Covid-19 saat ini masyarakat harus bisa menyesuaikan diri dan merubah sikap dengan menerapkan protokol kesehatan. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat yang sudah patuh dan disiplin. Mudah-mudahan ke depan kita bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Belitung. Namun, kita jangan terlena, terus patuhi dan ikuti aturan yang ada”, pungkas Sahani.

Sementara itu, Kades Aik Pelempang Jaya, Rizali, S.Km dalam laporannya mengatakan, pembangunan gedung ini bersumber dari dana desa dan ADD Tahun Anggaran 2020 sebesar 600jt dengan luas tanah sekitar 8000 meter. Dalam kawasan ini juga dibangun gedung PKK dan bank sampah. “Pembangunan gedung ini nantinya akan disandingkan dengan pelaksanaan program Tusena (Satu Desa Satu Destinasi). Untuk Tusena kami akan mengangkat konsep wisata sejarah, budaya dan inovasi karena ada beberapa tempat bersejarah di dekat kawasan ini, salah satunya pemandian slembat. Nantinya, di kawasan ini juga akan dibangun rumah adat. Mudah-mudahan gedung ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan-kegiatan positif”, jelasnya.

Acara peresmian gedung juga ditandai dengan penandatangan prasasti dan peninjauan ruangan gedung yang didalamnya sudah disediakan beberapa fasilitas berupa, kebutuhan alat olahraga dan alat musik. ***dk