PT. Pos Indonesia Terbitkan Prangko Seri Geopark Belitong

0
108

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Dalam upaya untuk meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Belitung terutama Geopark Belitong, PT. Pos Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menerbitkan Prangko Seri Geopark Belitong yang diluncurkan secara langsung oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos, Jum’at (09/09) 2022, bertempat di Restoran Dapur Belitung pada pukul 20.00 Wib.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Sub Koordinator Prangko, Direktorat Pos Kemenkominfo RI, Fadli Zainidalimunthe mengatakan, Prangko merupakan suatu media yang dapat digunakan untuk memasyarakatkan, mempromosikan dan merekam kekayaan alam, budaya, sejarah dan peringatan hari jadi yang penting melalui gambar-gambar dan pesan-pesan yang ditampilkan di dalam prangko.

“Prangko telah menjadi bagian penting dari berbagai peristiwa bersejarah bangsa dan masyarakat Indonesia. Meski prangko saat ini tidak banyak lagi digunakan sebagai alat pembayaran pengiriman pos, namun peran prangko masih tetap menjadi media yang dapat mengabadikan momen bersejarah, diplomasi, hubungan Internasional, dan momen-momen khusus lainnya”, jelas Fadli.

Pada kesempatan ini, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, penetapan status UNESCO Global Geopark (UGG) yang diterima oleh Pulau Belitong harus didukung dan dimanfaatkan oleh seluruh elemen publik. Sebab status yang diterima harus dipertahankan dengan meningkatkan pelayanan publik hingga terus mempromosikan status yang diterima melalui berbagai media, salah satunya prangko seri Geopark Belitong.

“Kami berharap nantinya setiap potensi wisata yang ada di Pulau Belitong khususnya Kabupaten Belitung dapat juga ditampilkan pada serian prangko lainnya, sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Untuk itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak supaya dapat bersama mengimplementasikannya”, ujar Sahani.

Lebih lanjut, melalui media prangko diharapkan menjadi daya tarik promosi yang secara langsung dapat menggambarkan keunikan dari Geopark yang dimiliki oleh Pulau Belitong. “Ini merupakan sebuah penghargaan terhadap Geopark Belitong yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung, kami sampaikan apresiasi untuk PT. Pos Indonesia dan Kemenkominfo RI, serta semua pihak yang terlibat dalam penerbitan prangko seri Geopark Belitong ini”, lanjut Sahani.

Komite Nasional Geopark, Togu Pardede juga menyampaikan apresiasi kepada PT. Pos Indonesia dan Kemenkominfo RI yang telah menerbitkan 6 serian prangko Geopark Indonesia. “Tentunya hal ini merupakan sejarah, karena terpilihnya Geopark sebagai serian prangko. Diharapkan dengan adanya serian prangko Geopark Belitong ini, dapat meningkatkan promosi pariwisata Pulau Belitong lebih luas lagi”, tambah Togu.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prangko seri Geopark Belitong oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dan Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar.

Hadir pada acara ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Belitung, Bakrie Hauriansyah, SE, Dewan Pengarah Komite Nasional Geopark, Dyah Erowati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Mohammad Iqbal, ST, Alumni ITB 81 serta tamu undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Dafry)