Pemkab Belitung Studi Kaji ke Pemprov Bali

0
150

Bali, Prokopim Setda Kab. Belitung – Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi Bali dalam rangka studi kaji guna peningkatan kompetensi ASN. Kehadiran rombongan diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum Pemprov Bali, I Dewa Putu Sunartha didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Ir. I Made Susarsana, M. Si beserta segenap jajaran di lingkup Pemerintah Provinsi Bali.

Asisten Administrasi Umum dalam sambutannya menyambut baik kunjungan rombongan Pemkab Belitung dan berharap bisa memenuhi harapan yang diinginkan. “Terima kasih atas kunjungannya, dan kiranya bisa sekaligus menikmati wisata yang ada di Bali. Mudah-mudahan kita bisa saling sharing dan betukar pendapat satu sama lain”, ujarnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Asisten Administrasi Umum, kelebihan kami lebih kepada adat budaya dan pariwisata yang ada. Sektor penopang ada disektor pariwisata. “Pada masa pandemi kemarin, kami sempat terpuruk dan hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Bersyukur saat ini kami mulai bangkit kembali menata perekonomian daerah”, jelasnya.

Dalam kesempatan ini, I Dewa Putu juga menyampaikan selayang pandang tentang Provinsi Bali berkenaan dengan tupoksi wilayah, visi misi, dan sektor prioritas pembangunan Bali.

Sementara Sekda Belitung, H.MZ. Hendra Caya, SE, M.Si dalam arahannya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan, sehingga bisa diterima dengan baik. “Pemerintah Kabupaten Belitung juga sudah fokus pada sektor pariwisata, sehingga kami ingin lebih banyak belajar dari Bali. Kami berharap bisa membawa hal-hal positif yang bisa berguna untuk mendukung pembangunan daerah. Harapan kami Belitung bisa berkembang seperti Bali”, ujar Sekda.

Disampaikan Sekda, Belitung juga memiliki budaya Bali yang disebut Balitung yang merupakan kumpulan masyarakat trans Bali yang ada di Bellitung. Ada beberapa kesamaan Belitung dengan Bali. Inilah yang membuat kami ingin belajar dan mengkaji lebih banyak informasi terkait pelaksanaan program-program pembangunan di Bali.

Kata Sekda, ada beberapa point yg ingin kami kaji diantaranya; Kinerja keprotokolan dan kehumasan atas penyelenggaraan Event bertaraf internasional, Kesiapan PUPR dan Rumah Sakit dalam mendukung kegiatan/event bertaraf internasional, Pengembangan kebudayaan dan sport tourism untuk menarik wisatawan, Peranan Dinas Kelautan Provinsi Bali terhadap pengawasan dan penanganan atas pelanggaran tindak pidana perikanan, serta Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah. “Untuk itu, mohon bantuannya untuk memberikan masukan bagi daerah kami yang saat ini sedang giat-giatnya membangun daerah”, pungkas Sekda.

Turut hadir dalam kegiatan Kunker, Asisten Bidang Administrasi Umum, Dra. Ita Wahyuni, Kadin Perikanan dan Kelautan, Firdaus Zamri, S.Ti, Kadin Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Soebagio, Kadin Komunikasi dan Informatika, Mohammad Iqbal, ST, Kadin PUPR, Edi Usdianto, ST, Kadispora, Junaidi, S.Pd, Kepala BPPRD, Iskandar Febro, Direktur RSUD dr. H. Marsidi Judono Tanjungpandan, dr. Hendra, SP. An, para camat, Kabag Prokopim, Dr. Zakina, S. Sos, M. Si beserta jajaran prokopim. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Fradika)