Peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 di Kabupaten Belitung Berjalan Hikmat

0
91

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Pemerintah Kabupaten Belitung memperingati Hari Pahlawan ke-77 dengan melaksanakan serangkaian kegiatan dengan bersinergi bersama Jajaran TNI hingga Kepolisian Republik Indonesia, yang dimulai dengan Upacara Bendera yang berjalan hikmat, pada Jum’at, (10/11)2022, bertempat di Halaman Kantor Bupati Belitung.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara H. AS. Hanandjoeddin Kabupaten Belitung, Letkol (Nav) Rudy Hartono, saat membacakan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, mengajak agar teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini. “Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa, untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika”, ujar Menteri Sosial.

Untuk itu, Menteri Sosial berharap juga agar momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. “Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kitabersama”, jelasnya.

Diakhir sambutannya, Menteri Sosial menyampaikan bahwa Pahlawan akan menjadi teladan bagi bangsa dalam mengarungi masa–masa penuh tantangan. “Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022”, tutupnya.

Dalam upacara yang dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, diberikan secara simbolis uang penghargaan kepada Pejuang, Veteran dan Janda Veteran di Kabupaten Belitung, sebanyak 3 (tiga) orang.

Turut mengikuti Upacara Bendera, Unsur Forkopimda Kab. Belitung, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, selaku Plt. Sekretaris Daerah Kab. Belitung, Bakri Hauriansyah, SE dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kab. Belitung, Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kab. Belitung, Instansi vertikal, Organisasi Kepemudaan, Veteran, Personil TNI/POLRI dan undangan lainnya.

Kemudian, rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan tersebut dilanjutkan dengan Ziarah Nasional bertempat di Taman Makam Pahlawan Ksatria Tumbang Ganti Kab. Belitung dan juga Tabur Bunga yang dilaksanakan di Pelabuhan Laskar Pelangi, Tanjungpandan. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Ferdini/Riaz)