Pemkab Belitung Lakukan Kunjungan Kerja ke Pemkot Jogyakarta

0
117

Jogyakarta, Prokopim Setda Kab. Belitung – Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung melakukan Kunjungan Kerja ke Pemerintah Kota Jogyakarta dalam rangka Studi Tiru mengenai Sistem Monitoring dan Evaluasi Keprotokolan serta Dokumentasi publikasi Pemerintah. Kehadiran rombongan disambut hangat oleh Sekda Pemkot Jogyakarta, Ir. Aman Yuridi Jaya, MM didampingi Plh. Kabag Umum dan Protokol, Ratih Permanasari, SH, MH, M.AP, Kadin Kominfo, Ignatius Tri Harsono, S. Sos, MM dan segenap jajaran protokol, Selasa (10/10/2023), bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Pemkot Jogyakarta.

Diawal sambutannya, Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan yang telah diberikan jajaran Pemkot Jogyakarta. “Intinya kami ingin belajar terkait strategi pengelolaan keprotokolan, khususnya penyambutan tamu yang kami nilai Pemkot Jogyakarta sudah sangat baik. Kami ingin belajar, bertukar pengalaman untuk menambah ilmu dan pengetahuan agar nantinya bisa kami terapkan, khususnya untuk membangun geliat pariwisata daerah”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan Sekda, saat ini seiring dengan berkembangnya geliat pariwisata daerah, Belitung sering menjadi salah satu destinasi kunjungan tamu-tamu penting. Dengan dasar inilah kami ingin menguatkan pengelolaan keprotokolan, khususnya berkenaan dengan penerimaan tamu. “Kami menilai Jogya sudah luar biasa dalam pengelolaan tamu, khususnya berkenaan dengan pelaksanaan event premium untuk mendukung geliat pariwisata. Kami ingin belajar bagaimana pengaturan dan penyambutan tamu-tamu tersebut dalam kaitan pula dengan upaya untuk mengangkat sektor pariwisata daerah, khususnya potensi UMKM. Kami berharap kita bisa sharing bersama dan belajar banyak terkait hal ini”, ujarnya.

Sementara Sekda Pemkot Jogyakarta, Aman menjelaskan, kita ke depan untuk tamu memang kita investasi dengan harapan mereka bisa membawa multiplayer effect bagi pengembangan pariwisata. “Kami sekarang masih bangkit dan terus belajar untuk menangkap peluang. Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pemkab Belitung, karena bagi kami tamu adalah potensi dan harapan yang bisa mendukung pembangunan. Tamu itu sebagai agent marketing kami untuk terus mendukung kemajuan pariwisata. Kami berupaya untuk menyambut hangat setiap kedatangan tamu yang datang, karena tamu ini konsepsi jangka panjang yang terus kami jaga”, jelasnya.

Ditambahkan Sekda, bagaimana kita menciptakan sistem yang kondusif untuk membangun ekonomi pariwisata. Pariwisata berkembang harus ditunjang berbagai aspek penting yang harus dibangun, termasuk pelayanan tamu yang menajadi salah satu hal penting untuk dikembangkan. Hal ini menjadi potensi untuk membangun atmosfer pariwisata. “Tamu bisa menjadi prospek sebagai agent atau marketing sosial”, jelasnya.

la juga menyampaikan, salah satu kunci yang menjadikan pertumbuhan ekonomi Kota Yogya tetap stabil adalah dengan terus mengacu pada prinsip adaptasi, inovasi dan kolaborasi. “Baik di masa pandemi ataupun tidak, kami terus berusaha beradaptasi dengan setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi, berinovasi memunculkan ide kreatif untuk kesejahteraan masyarakat, juga kolaborasi lintas sektor. Kami mendorong program-program pariwisata berkelanjutan, karena dari sektor itu akan berkaitan dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat”, pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Sekda, Asisten Bidang Administrasi, Drs. Suksesyadi, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, Dr. Zakina, S. Sos, M. Si, Wakil Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan, Martin Dwista, Kabag Umum Bank Sumsel Babel, Junaidi beserta segenap jajaran Bagian Prokopim. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Fradika)