WABUP HADIRI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL (HPSN) TAHUN 2022

0
156

TANJUNGPANDAN—–Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie,S.Sn,.M.Si didampingi Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Sekretaris Camat Tanjungpandan, Kepala Desa Buluh Tumbang hadiri Peringatan Hari Peduli Sampah (HPSN) Tahun 2022 di Desa Buluh Tumbang Kecamatan Tanjungpandan (21/02) Senin pagi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Belitung mengatakan sesuai dengan tema peringatan “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 diharapkan menjadi platform untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan dampak perubahan iklim yang timbul dari sektor sampah di Indonesia maupun di Kabupaten Belitung. Disamping itu, peringatan HPSN telah menjadi salah satu pendorong untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengurangan sampah yang hasilnya sangat positif. 

Pemerintah Kabupaten Belitung saat ini melalui Perangkat Daerah, akan mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat juga telah menetapkan strategi dan pelaksanaan pengelolaan sampah dalam bentuk kebijakan dan kapasitas kelembagaan di tingkat lokal, pengelolaan air limbah perkotaan, pengurangan sampah di TPA dengan mempromosikan pendekatan “Reduce, Reuse, Recycle” serta pemanfaatan sampah menjadi bahan bernilai jual. Kedepan, saya berharap agar keterlibatan masyarakat secara langsung juga dilaksanakan melalui penanganan sampah oleh rumah tangga, kelompok masyarakat kecil mulai dari tingkat RT, RW, hingga Kelurahan dan yang lebih luas lagi, dalam satu entitas  pemukiman akan sangat baik dengan terkonsolidasi dalam penanganan sampah, ujar Wabup.

Mengakhiri sambutannya, Wabup menyampaikan apresiasi kepada para panitia dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung atas diselenggarakannya rangkaian kegiatan ini. Tentunya, kami menyambut baik atas dilaksanakannya kerja  bakti tersebut, sehingga masyarakat ikut peduli dengan sampah di wilayah sekitar. Kepedulian bersama ini, tentunya merupakan indikator yang penting untuk mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat. 

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Mirang Uganda, SH dalam laporannya mengatakan bahwa Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022 ini mengusung tema “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”.  Untuk itu mari kita jadikan Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN sebagai momentum untuk membagikan motivasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, karena lingkungan yang sehat cerminan dari jiwa yang sehat. Pentingnya untuk menjaga lingkungan ini berguna untuk kesehatan diri sendiri dan orang banyak. (dy)