Mendagri: Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Pulau Belitung Butuh Sinergi 

0
141

Tanjungpandan- Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian dalam Kunjungan Kerja di Kabupaten Belitung, pada Kamis, (2/09) 2021, bertempat di Ruang Rapat Pemerintah Kabupaten Belitung.

Menurut Mendagri vaksin sangat penting dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 dengan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. “Untuk itu, seluruh Bupati, Walikota bersama Forkopimda bersinergi untuk melakukan koordinasi kepada Kementerian Kesehatan RI untuk mempercepat vaksinasi”, papar Mendagri.

Terhadap upaya percepatan, Mendagri juga mendukung dan akan menyampaikan hal tersebut kepada Menteri Kesehatan RI.

Disamping percepatan vaksin, Mendagri juga menghimbau pemerintah daerah untuk terus melaksanakan upaya lainnya, seperti tracing harian yang ditingkatkan  dengan memberdayakan anak muda tamatan SMA yang menganggur. “Tracing harus petugas khusus, ambil dari anak- anak menganggur tamatan SMA, dilatih satu dua minggu oleh Dinas Kesehatan dan dipandu, didukung oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.  Harus dilakukan petugas khusus, karena ini tugas yang panjang” jelas Mendagri.

Dalam arahannya, Mendagri juga menghimbau agar pemerintah daerah dapat terus mendorong sektor- sektor yang masih bisa tumbuh untuk mendukung perekonomian ditengah pandemi Covid-19. “Seperti sektor perikanan, perkebunan, IT, dengan menggerakkan partisipasi masyarakatnya dan juga siapkan kerjasamanya, sehingga perekonomian daerah dan pusat tumbuh positif”, tutup Mendagri.

Sementara itu, dalam.kesempatan tersebut Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. dan Bupati Belitung Timur, Burhanudin juga memaparkan berbagai upaya percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 dimasing- masing wilayah serta menjelaskan kendala yang dihadapi.

“Kendala yang sama dengan Kabupaten Belitung Timur, dimana, masih ada masyarakat yang belum menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 hingga  ketersediaan vaksin” jelas Bupati Belitung.

Untuk itu, Bupati Belitung berharap kedepan Mendagri dapat mendukung ketersediaan vaksin di Pulau Belitung.

Turut hadir Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan beserta jajaran, Forkopimda Propinsi Kepulauan Babel, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si, Sekretaris Daerah Kab. Belitung, H.MZ. Hendra Caya, S.E., M.Si., Forkopimda Kabupaten Belitung, Bupati Belitung Timur beserta jajaran dan undangan lainnya. (Prokopim Setda Kab.Belitung)