Kunjungi Pemkot Bandung, Pemkab Belitung Kaji Banding Terkait Keprotokolan, Dokumentasi dan Publikasi

0
153

Bandung Pemerintah Kabupaten Belitung dalam hal ini Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda melakukan kunjungan kerja ke Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Bandung terkait Studi Tiru mengenai sistem monitoring keprotokolan dan dokumentasi serta publikasi kegiatan pemerintahan, Rabu, (8/12/2021).

Kedatangan rombongan disambut hangat jajaran Pemkot Bandung yang dalam hal ini di pimpin oleh Plt. Asisten Administrasi Umum, didampingi Kabag Prokopim Pemkot Bandung beserta segenap jajaran prokopim lainnya.

Sekda Belitung, H. MZ. Hendra Caya selaku ketua rombongan diawal sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan dari Pemkot Bandung. “Kedatangan kami dalam rangka ingin sharing terkait masalah keprotokolan dan juga terkait kegiatan publikasi dan dokumentasi yang dilaksanakan Bagian Prokopim Pemkot Bandung. Intinya kami ingin belajar banyak hal, baik itu terkait teknis dan penyambutan tamu maupun berkenaan dengan dokumentasi dan publikasi kegiatan kepemerintahan” kata Sekda.

Dalam kesempatan ini, sekda juga menyampaikan hal terkait selayang pandang Kabupaten belitung, beserta segenap potensi yang dimiliki Kabupaten Belitung, salah satunya potensi pariwisata daerah. “Saat ini, program unggulan daerah bertumpu pada sektor wisata. Hal ini didukung dengan potensi alam Belitung yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Oleh karenanya, kami ingin belajar lebih banyak terkait trik-trik kegiatan dokumentasi dan publikasi program-program pemerintah, salah satunya untuk mempromosikan pariwisata”, ujarnya.

Sementara itu, Plt. Asisten Administrasi Umum, Anton Sunarwibowo, ST, MT menyampaikan ucapan selamat datang dan menyambut antusias kunjungan rombongan. “Kami merasa senang atas kunjungan yang dilaksanakan, dan kami berharap nantinya melalui kunjungan ini akan didapat berbagai informasi-informasi yang dibutuhkan, sebagaimana maksud dan tujuan yang diharapkan”, katanya.

Menurutnya, Belitung memiliki modal Sumber Daya Alam yang cukup potensial untuk dikembangkan, sekarang tinggal bagaimana meningkatkan potensi SDMnya agar bisa mendukung pengembangan potensi yang ada. “Kami, di Pemkot Bandung senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan potensi SDM yang ada. Salah satunya dengan berusaha menciptakan kegiatan yang menarik dan inovatif. Terkait keprotokolan kami juga terus menjalin komunikasi yang baik dengan unsur Forkopimda dan jajaran lainnya. Kami bangun jiwa yang solid dan kompak agar tercipta harmonisasi dan sinergitas yang kuat dalam upaya melaksanakan pembangunan”, pungkasnya.

Kabag Prokopim Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya, S.Sos, MM, dalam kesempatan ini juga menyampaikan point-point penting berkenaan dengan tugas, fungsi dan kewenangan Bagian Prokopim Kota Bandung. “Untuk memperkuat fungsi kehumasan kami terus berupaya untuk meningkatkan kinerja, salah satunya dengan peningkatan kompetensi SDM mengikuti perkembangan teknologi saat ini”, ujarnya.

Dijelaskan Sony, strategi penguatan informasi terus dilaksanakan dengan melaksanakan inovasi untuk mendukung pelaksanaan kinerja Pemerintah Kota Bandung. “Untuk publikasi informasi telah dilaksanakan melalui media cetak, media sosial dan media ruang. Strategi publikasi yang dilakukan melalui berbagai program-program inovasi penguatan fungsi kehumasan, diantaranya; ada program sahabat humas, one day one share, humas on the post, focus group discusion, ngopi bandung, membentuk tim kehumasan, whatapp share (podcast, infografis, videografis, dll). Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan ke depan kita dapat terus menjalin silaturahmi dan komunikasi sehingga bisa saling sharing terkait pelaksanaan kegiatan kepemerintahan, khususnya berkenaan dengan kegiatan bidang Prokopim”, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara, Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, Warsito, S.Ag, AsistenĀ  Administrasi Umum, Dra. Ita Wahyuni, Kepala Bagian Administrasi Umum Setda, Susilawati, SE, Kepala Bagian Umum Setda, KA. Azhami, Kasubbag Dokumentasi Pimpinan, Kasubbag Komunikasi Pimpinan, dan jajaran staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.***dk