Bupati Belitung Resmikan Penggunaan TPS 3R Desa Aik Seruk

0
181

Sijuk Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos meresmikan penggunaan Tempat  Pembuangan  Sampah  (TPS)  3R  (Reuse,Reduce,Recycle)   Desa  Air Seruk, Kecamatan Sijuk, Rabu, (22/12). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti TPS 3R oleh Bupati Belitung disaksikan segenap undangan yang hadir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Edi Usdianto, ST dalam sambutannya, mengatakan TPS 3R ini dikelola oleh KSM Berandun Berese Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk. “Dengan adanya tempat ini diharapkan masyarakat setempat bisa memanfaatkannya dengan baik, khususnya untuk pengolahan sampah. Tempat ini dapat menjadi solusi untuk memanfaatkan pengolahan sampah, salah satunya untuk pembuatan pupuk organik dengan menggunakan limbah dari sampah”, jelasnya.

Kata Edi, saat ini DLH juga sudah bekerjasama dengan IPB terkait pengolahan pupuk organik. “Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat agar bisa terus menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di sekitar kawasan Desa Aik Seruk ini. Dihimbau juga kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, salah satunya sampah plastik. Dan terkait keberadaan TPS 3R ini, DLH siap untuk bermitra dengan KSM

Berandun Berese untuk pengolahan sampah. Kami siap membantu untuk pemanfaatan TPS ini ke depan”, pungkasnya.

Sementara Bupati Belitung, dalam sambutannya mengatakan, terdapat kurang lebih sebanyak 6 (enam) TPS 3R yang ada di Kabupaten Belitung. ‘’Untuk itu, saya sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya, sehingga TPS ini bisa dibangun dan mulai saat ini bisa dimanfaatkan. Terkait persoalan sampah untuk bisa menjadi perhatian kita bersama. Ke depan, saya terus berharap agar tingkat kesadaran masyarakat terhadap persoalan sampah dapat terus meningkat dan semakin baik’’, ujar Sahani.

Lebih jauh, Sahani juga berharap agar Pemerintah Desa bisa terus memberikan perhatian terhadap persoalan sampah. ‘’Untuk tahun depan, agar diprioritaskan anggaran untuk pengolahan sampah. Hal ini dalam upaya kita mendukung kemajuan sektor pariwisata, yang mana unsur kebersihan menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam memajukan pariwisata daerah. Saya juga berharap bangunan ini untuk bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Karena tentunya tidak akan ada artinya segala pemenuhan sarana dan prasarana yang diberikan, tanpa adanya dukungan dan kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi, salah satunya kesadaran untuk menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang ada’’, pungkas Sahani.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan TPS dan penandatangan berita serah terima TPS. Turut hadir dalam acara, jajaran Kementerian PUPR, para perangkat Desa, masyarakat setempat dan undangan lainnya. ***dk