Bupati Belitung Hadiri Opening Ceremony Apkasi Otonomi Expo 2022

0
117

Jakarta, Prokopim Setda Kab. Belitung – Dalam rangka upaya memulihkan perekonomian pasca pandemi Covid 19, Pemerintah Kabupaten Belitung ikut berpartisipasi dalam event Apkasi Otonomi Expo 2022 untuk mempromosikan potensi dan peluang investasi berbagai sektor serta produk-produk unggulan UMKM di Kabupaten Belitung. Event tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini diselenggarakan selama 3 hari, mulai Tanggal 20 Juli hingga 22 Juli 2022 serta jumlah stand yang dipamerkan di Apkasi Otonomi Expo 2022 berjumlah sekitar 245 stand yang terdiri dari 122 Pemerintah Kabupaten, 4 Kementerian dan BUMN, serta perusahaan swasta nasional dan UMKM. Opening Ceremony yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Dalam Negeri RI, Jendral Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D ini turut dihadiri oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Anshori dan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si, Rabu (20/07) 2022, bertempat di Cendrawasih Room Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Pukul 10.00 Wib.

Pada laporan yang dibacakan oleh Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE mengatakan mengingat perekonomian Indonesia tengah mengalami masa sulit pasca pandemi Covid 19, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mengadakan event Apkasi Otonomi Expo 2022 dengan tema Trade, Tourism and Investment (Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global) yang senada dengan momentum G20 yang akan dilaksanakan di Indonesia Tahun ini. “Pemulihan perekonomian daerah maupun nasional, akan sulit jika dilakukan sendiri-sendiri. Oleh karena itulah, APKASI melalui event Apkasi Otonomi Expo 2022 berkomitmen untuk bisa kembali memulihkan perekonomian daerah maupun nasional yang sempat terpuruk pasca pandemi Covid 19” ujar Ketua Umum APKASI.

Menteri Dalam Negeri RI, Jendral Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D pada kesempatan ini memberikan apresiasi kepada Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang telah berkomitmen untuk terus melaksanakan event tahunan seperti ini meskipun tahun lalu dalam kondisi pandemi Covid 19, APKASI masih bisa melaksanakan event ini. Ini merupakan pencapaian yang sangat baik guna membantu pemulihan perekonomian Indonesia yang sempat terpuruk pasca pandemi Covid 19, karena kita melihat expo seperti ini merupakan hal yang sangat penting menjadi ajang promosi setiap daerah untuk bisa memperkenalkan potensi dan produk-produk unggulan UMKM masing-masing daerah. “Situasi perekonomian dunia tidak sedang baik-baik saja, dari Pengalaman kita bisa belajar, bahwa sektor yang tidak banyak terpengaruh akibat pandemi Covid 19 adalah sektor UMKM. Oleh karena itulah kita harus memberikan dukungan penuh kepada para pelaku UMKM supaya mereka bisa terus berkembang dan membantu pemulihan perekonomian nasional yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid 19” ujar Tito.

Sekedar informasi, Pemerintah Kabupaten Belitung pada event Apkasi Otonomi Expo 2022 kali ini membawa 21 produk-produk unggulan UMKM dari Kabupaten Belitung. Adapun produk yang dibawa antara lain Billiton Spice, Stingless Bee Honey, Owly Belitung Coffee, Purun Eco Straw, Ketam Isi Adena, Keripik Talas Boeter, Minuman Jeruk Kunci, Gula Semut Gunung Riting, Kelekak Batik Belitong, De Kalaju Eco Print Suak Gual, Sepiak Batik, Hadinoto Batik, Batik Umak, Batik Bepulin, Batik De’Mahen, Aseupan Daun Kipas Ecoprint, Belacan Sungai Padang, Kayu Raye Woods Craft, Kerajinan Batu Satam, Kerajinan Miniatur Kapal Nelayan dan Kerajinan Tudung Lais. Berkesuaian dengan tema pameran Apkasi Otonomi Expo 2022, Kabupaten Belitung mengusung konsep Belitung In Blue and Green Economy dengan mempresentasikan icon mercusuar Pulau Lengkuas dengan keindahan pantai Belitung dalam laguna batu granit dan hamparan pasir putih.

Turut hadir Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Belitung, Dra. Ita Wahyuni, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Belitung, Ir. Destika Effenly, MM, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perindustrian Kab. Belitung, Nurman Sunanda, Kepala Bappeda Kab. Belitung, Ir. Agus Muhammad Taupan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, M. Iqbal, ST, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, Firdaus Zamri, S. Pi, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Annyta, SP., MIL, Kepala Bagian Administrasi dan Pembangunan Setda Kab. Belitung, Susilawati, SE, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Belitung, DR. Zakina, S. Sos., M. Si serta tamu undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Dafry)