Wabup Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

0
177

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S. Sn., M. Si bertindak selaku inspektur pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Belitung, pada Kamis (01/06/2023).

Upacara yang juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Belitung ini mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Hal ini selaras dengan Amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dibacakan oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S. Sn., M. Si, yaitu mewujudukan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, serta menjadikan Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika. Menjadi Pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia serta menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik dan menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Lebih lanjut, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Diakhir amanat Presiden Republik Indonesia, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S. Sn., M. Si, beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. “Semoga melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di Tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang”, tutup Isyak. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Dafry)