Tingkatkan Kesadaran Beretika dan Beradab, LAMBEL Gelar Sarasehan Makan Bedulang, Tipak dan Tata Cara Penyambutan Tamu Kehormatan

0
72

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Dalam rangka pengembangan dan pelestarian nilai-nilai budaya daerah khususnya adat budaya urang Belitong, LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) mengadakan Kegiatan Sarasehan Makan Bedulang, Tipak dan Tata Cara Penyambutan Tamu Kehormatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos didampingi Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori, Sabtu (13/08) 2022, bertempat di Kantor Bappeda Kabupaten Belitung pada Pukul 09.00 Wib.

Kegiatan ini diawali dengan pemutaran video yang dibuat oleh LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) untuk dijadikan sebagai acuan berkaitan dengan adab makan bedulang, makna tipak sebagai simbol atau tanda pembukaan (Sekapor Sire) dan tata cara penyambutan tamu kehormatan. 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, kepedulian untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah melalui kegiatan serupa perlu untuk terus ditularkan kepada para generasi muda, sehingga tongkat estafet terus bergulir dari waktu ke waktu dan membuat tidak pupusnya aktivitas berkesenian serta berkebudayaan tersebut. “Saya berharap supaya kita dapat terus menularkan kebiasaan dan tradisi budaya Belitong kepada kaum muda serta masyarakat luas. Yang mana, selain bisa menjadi tuntunan tetapi bisa menjadi tontonan yang menarik untuk masyarakat Belitung maupun wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Belitung” ujar Sahani.

Lebih lanjut, Bupati Belitung juga menjelaskan salah satu tradisi urang Belitong yang melekat dan diharapkan tidak akan pernah hilang adalah kebiasaan makan bedulang. Saat makan bedulang tentulah setiap orang harus memperhatikan rekan masing-masing, sehingga semuanya mendapatkan bagian. “Tradisi ini, selain melambangkan nuansa kebersamaan dan kekeluargaan, juga menggambarkan kehidupan bergotong royong masyarakat Belitung” jelas Sahani.

Pada kesempatan ini, Ketua Lembaga Adat Melayu Belitung (LAMBEL), Drs. H. Abdul Hadi Adjin mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan supaya masyarakat bisa memiliki acuan dalam melestarikan adat budaya daerah Belitong. “Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, bisa menjadi acuan bagi kita semua untuk melestarikan adat budaya urang Belitong, sehingga kita bisa menjadi masyarakat yang beradab dan beretika” ujar Ketua LAMBEL.

Hadir pada acara ini Anggota DPD RI, Ir. H. Darmansyah Husein, Pimpinan Cabang BRI Tanjungpandan, serta tamu undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Dafry)