Pj. Bupati Belitung Buka Festival Karya Nyata 5.0 Bangka Belitung

0
145

Tanjungpandan, setda.belitung.go.id – Rumah BUMN Belitung bekerjasama dengan Kementerian BUMN menggelar Festival Karya Nyata 5.0 di Kabupaten Belitung. Event yang berlangsung selama tiga hari (16-18 Februari 2024) ini resmi dibuka oleh Pj. Bupati Belitung, Yuspian, S. Sos., M.I.R, Jum’at (16/02) 2024 pada pukul 16.00 Wib, bertempat di Pantai Wisata Tanjung Pendam.

Pada kesempatan ini, CFO Muda Rumah BUMN Belitung, Lalu Adian Wiguna mengatakan Festival Karya Nyata 5.0 Bangka Belitung ini merupakan suatu bentuk kolaborasi para BUMN yang diharapkan bisa menjadi wadah untuk UMKM, serta memberikan kesempatan bagi kaum milenial untuk turut serta memajukan perekonomian di Kabupaten Belitung. “Festival Karya Nyata 5.0 Bangka Belitung ini memberi kesempatan bagi masyarakat untuk bisa menikmati hiburan yang bertemakan seni budaya daerah Belitung, yang dimaksudkan supaya seni budaya Belitung bisa lebih dikenal masyarakat luas”, kata Lalu.

Kepala Divisi CSR, Rahmat Taufik juga menjelaskan, Festival Karya Nyata ini diperuntukkan bagi seluruh UMKM di Indonesia untuk meningkatkan semangat dan kualitas supaya bisa bersaing di level nasional maupun internasional. “Program ini telah berjalan di lima kota yang ada di Indonesia, dan akan terus dilanjutkan di kota-kota lainnya. Mari bersama-sama kita dukung program ini supaya bisa terus berjalan”, jelas Rahmat.

Lebih lanjut, perwakilan PT. Taspen, Maizirwan menambahkan tujuan dari event ini adalah untuk meningkatkan sinergi antar BUMN dan membantu para UMKM, serta mendukung kaum milenial untuk turut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di Kabupaten Belitung. “Kami berharap supaya para UMKM bisa terus meningkatkan kualitas mereka agar bisa bersaing di level nasional maupun internasional, kami siap membantu”, tambah Maizirwan.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Belitung, Yuspian, S. Sos., M.I.R menyampaikan apresiasinya untuk Rumah BUMN Belitung dan Kementerian BUMN atas terselenggaranya event tersebut. Ini merupakan kesempatan bagi Kabupaten Belitung yang sedang menghadapi masalah serius terkait pariwisata, yang mana memerlukan strategi khusus untuk memulihkan kondisi pariwisata kita. “Festival Karya Nyata 5.0 Bangka Belitung diinisiasi oleh para BUMN. Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami Kabupaten Belitung karena telah dipercaya menjadi tempat terselenggaranya event tersebut”, ujar Yuspian. 

Lebih lanjut, Pj. Bupati Belitung, Yuspian, S. Sos., M.I.R mengatakan dalam dua tahun terakhir tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Belitung menurun drastis hingga 27 persen, ini merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Salah satu langkah yang perlu kita lakukan adalah memperbesar volume penerbangan ke Pulau Belitung, tentunya hal tersebut memerlukan dukungan dari banyak pihak. “Kita harus membuat langkah-langkah serius, karena ini menyangkut isu investasi di Kabupaten Belitung. Salah satu langkah yang akan kita lakukan adalah menyelenggarakan Festival Chinese yang dimulai pada tanggal 1 Maret 2024 ini, diharapkan event ini dapat meningkatkan pariwisata di Kabupaten Belitung”, lanjut Yuspian.

Hadir pada acara tersebut Kepala Wilayah Belitung PT. Timah, CEO Muda Rumah BUMN Belitung, Tim SKB Kementerian BUMN, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Kabid KUKM Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung, perwakilan Pimpinan BUMN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta tamu undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Dafry)