Pemerintah Kabupaten Belitung Luncurkan Program Inovasi LEJUK

0
104

Tanjungpandan- Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. bersama Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si. secara resmi luncurkan Program Inovasi Daerah Literasi Elektronik Jalanan Untuk Kita (LEJUK) serta Mobil Perpustakaan Keliling, pada hari Selasa, (29/12/2020),        bertempat        di        Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung,

Dalam sambutannya, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, atas kinerja dan inovasi sehingga lahir program LEJUK tersebut. “Apresiasi saya sampaikan dan dengan diluncurkannya Program LEJUK pada hari ini, mari kita tingkatkan budaya baca masyarakat melalui literasi elektronik pada Mobil Perpustakaan Keliling di Kabupaten Belitung”, ujar Sahani.

Menurut Sahani Program LEJUK sangat tepat dengan perkembangan zaman saat ini, dimana informasi dengan mudah dapat diperoleh melalui media digital atau elektronik. “Saat ini kalau mau baca dan mencari informasi, tinggal mencari di google menggunakan handphone. Oleh sebabnya kita harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan jaringan dan media elektonik yang ada pada Mobil Perpustakaan Keliling” jelas Sahani.

Melalui Mobil Perpustakaan Keliling dan Program LEJUK, Sahani berharap nantinya semakin meningkatkan baca masyarakat dan juga berdampak positif pada kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Belitung.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung, Paryanta, S.Pd., S.IP., M.Si. menyampaikan bahwa Mobil Perpustakaan Keliling merupakan hibah dari perpustakaan nasional dan sudah resmi diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Belitung untuk dikelola senilai Rp. 560.000.000,-. “ Selain ada buku manual didalam mobil juga ada buku dalam bentuk online elektronik”, jelas Paryanta.

Ditambahkan Paryanta mudah-mudahan dengan Mobil Perpustakaan Keliling dan Program LEJUK, masyarakat dapat membaca dimana saja dan akan merasa rindu untuk membaca buku.

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung, Paryanta, S.Pd., S.IP., M.Si. juga menyerahkan kartu perpustakaan kepada Bupati Belitung yang dapat dipergunakan selain untuk aktivitas di perpustakaan daerah, juga bisa dipakai untuk memperoleh potongan menarik pada berbagai toko yang bekerja sama dengan Dinas

 

Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung. “Inovasi dalam mempromosikan perpustakaan, terus kami lakukan salah satunya dengan kartu perpustakaan yang dapat digunakan untuk belanja sekaligus memotivasi masyarakat untuk mau berkunjung ke perpustakaan daerah”, jelas Paryanta.

Adapun toko yang berlaku untuk kartu perpustakaan tersebut antara lain Sepiak Belitong, Dd’Zen beauty Salon dan Spa, Rumah Makan Ayam Panglima, Dapur Sakato, Rumah Datuk, Adena, Ngeretea, Toko Buku Widodo dan masih banyak lagi. Jika berminat dapat langsung datang ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Belitung atau info ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung.

Launching Mobil Perpustakaan Keliling dan Program Inovasi Daerah Literasi Elektronik Jalanan Untuk Kita (LEJUK) ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Belitung, didampingi Wakil Bupati Belitung dan jajaran serta stakeholders terkait. Hadir dalam acara para Kepala Sekolah di Kabupaten Belitung dan undangan lainnya. (FW)