Pemerintah Daerah Terima Audiensi PT. FINTEK KARYA NUSANTARA (LinkAja) di Kabupaten Belitung

0
104

Tanjungpandan- Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Belitung, Bakrie Hauriansyah, S.E. hadir dalam Audiensi PT. FINTEK KARYA NUSANTARA (LinkAja) terkait Digitalisasi Sistem Pembayaran di Kab. Belitung, bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung, pada Rabu, (9/06)2021.

Dalam sambutannya, Bakrie menyambut baik atas diselenggarakannya audiensi pada hari
ini dan ingin mengetahui mengenai sistem kerja terkait Aplikasi LinkAja. “Melalui pertemuan ini kami tentunya ingin tahu bagaimana sistem kerja terkait LinkAja, apakah ada kesamaan dengan sistem keuangan di lingkup Pemerintah Kabupaten Belitung”, ujar Bakrie.

Menurut Bakrie, dari paparan yang disampaikan oleh Jajaran PT. FINTEK KARYA NUSANTARA (LinkAja) diharapkan menjadi masukan bagi Pemerintah Daerah selanjutnya jika sesuai dengan peraturan perundangan, dalam hal ini Peraturan Menteri Dalam Negeri sebagai acuan dari sistem pemerintahan.

Sementara itu, dari PT. FINTEK KARYA NUSANTARA (LinkAja), James memaparkan bahwa LinkAja memilik layanan terlengkap disisi pembayar dan memiliki layanan syariah. ” Untuk itu, LinkAja siap untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Belitung untuk growtogether”,jelas James.

Dijelaskan oleh James adapun keuntungan digitalisasi pembayaran, bagi pelaku usaha memberikan keuntungan antara lain transaksi lebih aman, lebih mudah, transaksi tercatat, transaksi realtime, terhindar dari uang palsu dan ada layanan syariah. “Bagi pemerintah, potensi peningkatan PAD karena transaksi bergulir dimana saja dan tercatat, UMKM bisa naik kelas, serta mempunyai sitem transparan”, tambah James.

Selain itu, LinkAja memiliki potensi digitalisasi diseluruh sektor pembangunan seperti digitalisasi pajak dan retribusi, digitalisasi area wisata, digitalisasi layanan transportasi, digitalisasi layanan kesehatan dan digitalisasi layanan pendidikan. “Sebagai contoh digitalisasi area wisata, LinkAja dapat mensupport pembayaran cashless untuk tiket masuk area wisata, makan dan minum, akomodasi, transportasi”, papar James.
Turut hadir dalam audiensi, Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum, Perangkat Daerah terkait di Lingkungan Pemerintah Kab. Belitung, dan undangan lainnya. (Ferdini)