Dukung Pemberantasan Narkoba, Bupati Belitung Resmikan Desa BERSINAR (Bersih Narkoba) BNNK Belitung

0
115

Badau, Prokopim Setda Kab. Belitung – Narkoba merupakan ancaman sekaligus tantangan yang nyata dan harus dilawan secara bersama, mulai dari lingkup keluarga hingga lingkup terbesar yakni negara. Hampir setiap hari pemberitaan di media massa memuat tentang kasus-kasus narkoba yang menjerat masyarakat dari berbagai latar belakang termasuk generasi muda. Menyadari hal tersebut, Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung dalam Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa membuat Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Kabupaten Belitung yang diresmikan secara langsung oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos, Kamis (18/08) 2022, bertempat di Kantor Desa Pegantungan Kecamatan Badau pada pukul 11.00 Wib.

Kepala BNNK Belitung, Nasrudin, S. Ag., M. MPD dalam sambutannya mengatakan Desa Pegantungan merupakan desa pertama yang dicanangkan menjadi Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Kabupaten Belitung oleh BNNK Belitung dan telah dilaporkan ke BNN RI. Ini merupakan hal yang baru dalam hal pencegahan dan pemberantasan narkoba, yang mana melibatkan langsung semua komponen masyarakat terutama masyarakat desa. “Tentunya dalam hal pencegahan dan pemberantasan narkoba di Indonesia khususnya di Kabupaten Belitung, kami berharap bisa melibatkan semua komponen Pemerintah dan lapisan Masyarakat. Kami juga berharap supaya kita bisa bersama-sama untuk terus melakukan sosialisasi dan kampanye tentang bahayanya narkoba,” ujar Nasrudin.

Pada kesempatan ini, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya memberikan apresiasi positif kepada Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung, Pemerintah Desa Pegantungan serta stakeholder terkait atas sinergi yang terjalin, yang diharapkan mampu untuk semakin meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mencegah dan memberantas narkoba di Kabupaten Belitung. “Saya berharap melalui program Desa Bersinar (Bersih Narkoba) BNNK Belitung ini, semakin memantapkan upaya kita dalam menyatakan komitmen bersama untuk mendukung kemajuan pembangunan dengan peran masyarakat serta generasi muda yang bebas narkoba”, ujar Sahani.

Acara dilanjutkan dengan peresmian Desa Bersinar (Bersih Narkoba) BNNK Belitung yang ditandai dengan pemukulan gendang hadrah oleh Bupati Belitung.

Hadir pada acara ini Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Belitung, Fedy Nalonda, Sekcam Badau, Sugianto, Kepala Desa Pegantungan, serta tamu undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Dafry)