Bupati Resmikan Taman Begalor

0
208
DCIM100MEDIADJI_0060.JPG

Tanjungpandan, Prokopim Setda Kab. Belitung – Penanganan permukiman kumuh menjadi tantangan yang rumit bagi pemerintah kota/kabupaten, karena selain merupakan masalah, di sisi lain ternyata merupakan salah satu pilar penyangga perekonomian kota. Berangkat dari cita-cita bangsa dan memperhatikan berbagai tantangan yang ada, Pemerintah menetapkan penanganan perumahan dan permukiman kumuh sebagai target nasional, ujar Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos dalam sambutan Peresmian Pemanfaatan Infrastruktur Pemukiman Kampong Amau Kabupaten Belitung (21/07) Kamis sore.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari penyelenggaraan pemerintahan ditingkat daerah, Pemerintah Kabupaten Belitung harus andil dan mendukung untuk mewujudkan permukiman layak huni khususnya melalui Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) yang menjadi “platform” atau basis penanganan kumuh yang mengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan, termasuk dari pemerintah pusat, provinsi, kota/kabupaten, pihak donatur, swasta, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, pungkas Sahani.

Lebih lanjut, dengan meningkatkan akses terhadap infrastruktur di permukiman Kampong Amau, dapat mendukung perwujudan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan. Dengan memperbaiki akses masyarakat terhadap infrastruktur dan fasilitas pelayanan di permukiman diharapkan berdampak pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan penghidupan berkelanjutan.

Diakhir sambutannya Bupati mengajak seluruh masyarakat Kampong Amau untuk memanfaatkan dan menjaga sarana ini dengan baik. Tentunya perhatian dan dukungan Pemerintah Daerah terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Belitung, khususnya di Kampong Amau akan terus dilaksanakan dan menjadi prioritas dalam kebijakan yang dilaksanakan. Kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan yang prima untuk pemukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan akan terus diupayakan dan diharapkan mendapat partisipasi aktif dari masyarakat setempat dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kondisi lingkungan rumah maupun diwilayah pemukiman

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belitung  Edy Usdianto,ST dalam laporannya bahwa Pemanfaatan Infrastruktur Pemukiman Kampong Amau Kabupaten Belitung saat ini untuk meningkatkan dan menunjang program Pemerintah Pusat melalui program Kotaku Balai BPPW Provinsi Bangka Belitung mencoba berkolaborasi dengan Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dengan melakukan kegiatan penuntasan kawasan kumuh yang terletak di Kelurahan Parit Kecamatan Tanjungpandan.

Turut hadir dalam peresmian ini Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie,S.Sn,.M.Si, koordinator Kotaku Wilayah Kabupaten Belitung, Kepala OPD, Camat, Lurah/Kades Se-Kecamatan Tanjungpandan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Teddy)