Bupati Belitung Launching Desa Digital

0
33

Tanjungpandan—Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos meresmikan program Desa Digital yang terlaksana atas kerjasama antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung, Selasa, (02/02) bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa dengan kemajuan seperti ini, akses informasi menjadi lebih mudah dan cepat. ‘’Hanya dengan bantuan jaringan internet dan alat komunikasi, seperti; smartphone, dalam hitungan menit informasi apa saja yang dibutuhkan akan berada dalam genggaman, sehingga dengan kemudahan tersebut kita harus mampu memanfaatkannya dengan baik, salah satunya untuk menunjang kinerja Aparatur Pemerintahan Desa dalam mempromosikan setiap infomasi terkait potensi alam maupun wilayah yang dimiliki kepada khalayak luas’’, jelas Sahani.

Selain itu, ditambahkan Sahani, Pemerintahan Desa dapat menggerakkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui kecanggihan teknologi maupun digitalisasi yang termuat dalam konsep Desa Digital, seperti penggunaan website desa dan melalu media digital informasi tekait produk usaha yang dimiliki, sehingga nantinya dapat dipromosikan hingga lingkup nasional maupun internasional.

Melalui inovasi yang dilaksanakan berupa Desa Digital ini, Bupati juga mengharapkan agar dapat semakin mempermudah Pemerintahan Desa untuk memajukan wilayahnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada di era digital ditengah pandemi Covid-19. ‘’Nantinya masyarakat juga bisa mengakses segala macam informasi dalam aplikasi website desa yang include pada Desa Digital. Jadi nanti tidak ada lagi istilah masyarakat yang tidak tahu karena tinggal buka aplikasinya di website’’, pungkas Sahani.

Sementara itu, Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Drs. Suksesyadi, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Launching Desa Digital menunjukkan kesiapan Pemerintah Desa untuk menerapkan kemajuan teknologi dan informasi dalam pelayanan terhadap masyarakat maupun dalam pengelolaan Pemerintahan Desa. ‘’Adapun 4 (Empat) Aplikasi pendukung Desa Digital di Kabupaten Belitung, diantaranya; Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online, Transaksi Non Tunai, Website Desa dan Sistem Pelayanan Informasi Masyarakat (SIPMAS)’’, ujarnya.

 

Turut hadir dalam acara, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Sekretaris Daerah Kabupatan Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si, para Asisten dan Staf Ahli di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepala Bank Sumsel Cabang Tanjungpandan, Kepala KPPN Tanjungpandan,  para Camat/Lurah/Kepala Desa serta undangan lainnya.**fk/tdy