Bupati Belitung Buka Acara Lokakarya Program KOTAKU

0
373

Tanjungpandan___Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos membuka kegiatan Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang diselenggarakan oleh Konsultan Managemen Wilayah  (KMW) OC 4 Bangka Belitung Program KOTAKU, pada selasa (2/7/2019) bertempat di Ruang Meeting Hotel Havana Tanjungpandan.

Lokakarya ini sebagai upaya untuk memperkuat kembali kolaborasi dalam penanganan pemukiman kumuh melalui pendekatan satu datang, satu perencanaan dan satu peta untuk semua, serta untuk mengurangi luasan permukiman yang kumuh. Terdapat tiga Kelurahan/Desa di Kabupaten Belitung tahun 2019 yang sudah masuk ke program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Tiga daerah tersebut, diantaranya; Kelurahan Kampung Damai, Kelurahan Parit dan Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan.

Dalam arahannya, Bupati Belitung menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini guna melakukan evaluasi pelaksanaan Program KOTAKU ke depan.  Menurutnya, program ini sangat membutuhkan bantuan dari masyarakat untuk pelaksanaannya. “Percuma Pemerintah Daerah terus-terusan membangun, namun tidak ada dukungan dari masyarakat, apalagi jika masyarakat tidak peduli dengan persoalan yang dihadapi, salah satunya masalah sampah’’, ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati juga berharap Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) ini dapat terselesaikan pada tahun 2020 agar tidak terjadi lagi permasalahan terkait banjir di Kabupaten Belitung. Pemerintah ingin memperbaiki tatanan masyarakat di tiga Kelurahan/Desa yang disinyalir sebagai daerah rawan banjir (kumuh). Melalui program ini nantinya diharapkan agar daerah yang selama ini kumuh, menjadi tidak kumuh dan yang awalnya banjir menjadi tidak banjir. Dan hal ini tentunya sangat tergantung dari bagaimana peran serta dan partisipasi masyarakat untuk membangun program KOTAKU.

‘’Kita akan evaluasi kembali apa yang telah kita laksanakan sampai saat ini dan kita carikan solusi untuk kendala dan permasalahan yang dihadapi untuk mendukung suksesnya program ini ke depan’’, kata Sahani.

Kegiatan ini turut di hadiri oleh, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung, Tommy Wardiansyah, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Belitung, BPKAD Kabupaten Belitung, Tim Leader Konsultan Managemen Wilayah (KMW) OC 4 Bangka Belitung Program Kotaku, Suprik Narwandi, para peserta sebanyak 50 orang, dan undangan lainnya.***dk