PEMKAB BELITUNG LAUNCHING PROGRAM BEGALOR

0
59

 

Tanjungpandan__Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung melaunching program BEGALOR (Bantuan Sosial Kemanusiaan untuk Gelandangan, Anak-anak, Lanjut Usia serta Orang Terlantar) pada Rabu, (5/5/2021). Kegiatan launching ditandai dengan pemberian bantuan sembako oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos kepada para penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, program BEGALOR ini bertujuan untuk memberikan bantuan sosial kemasyarakatan kepada masyarakat yang memiliki kriteria dan kondisi tertentu, lebih-lebih saat ini kita masih dalam suasana bulan Ramadhan, bulan yang mulia dan penuh   ampunan.  “Mudah-mudahan  apa yang kita laksanakan ini dapat memberikan konstribusi positif bagi upaya kita bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Sahani.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menghimbau partisipasi masyarakat terkait pelaksanaan program Begalor, salah satunya dengan memberikan data atau informasi kepada Pemerintah Daerah terkaitnya adanya warga atau masyarakat yang membutuhkan bantuan. “Silahkan bagi yang memiliki data atau informasi terkait masyarakat yang kiranya membutuhkan agar bisa melapor ke Dinas Sosial. Pemkab Belitung akan terus berupaya untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Ke depan, Pemkab Belitung juga akan terus fokus pada peningkatan prioritas pembangunan masyarakat di bidang kesehatan dan pendidikan”, jelasnya.

Lebih jauh, dikatakan Sahani program Begalor ini memberikan Bantuan Sosial Kemasyarakatan kepada masyarakat yang memiliki kriteria dan kondisi tertentu, sehingga dapat dikategorikan sebagai anak terlantar, lanjut usia terlantar serta penyandang disabilitas berat. Saya berharap semua pihak terkait dapat terus mendukung  pelaksanaan program ini ke depan agar dapat terus berjalan sesuai dengan tujuan dan harapan kita bersama. Semoga segala bentuk bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para penerima bantuan, pungkasnya.

Adapun jumlah para penerima bantuan berdasarkan kriteria, diantaranya, untuk  kriteria  Lanjut  Usia Terlantar sebagai  penerima bantuan kebutuhan bahan kebutuhan/sembako sebanyak 80 (Delapan Puluh) penerima manfaat. Kriteria    penerima    bantuan   bahan kebutuhan/sembako bagi Penyandang Disabilitas Berat dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 30 (Tiga Puluh) penerima manfaat, dan kriteria penerima bantuan bahan kebutuhan yang akan diserahkan kepada Anak Terlantar dengan jumlah  penerima manfaat sebanyak 10 (Sepuluh) penerima manfaat.

Turut hadir dalam acara, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, perwakilan Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung, Nurman Sunanda, SE, perwakilan OPD dilingkungan Pemkab Belitung, serta undangan lainnya.***fk