Pemkab Belitung Kunjungi Kabupaten Jepara Untuk Tingkatkan Perekonomian Daerah

0
117

Jepara, Prokopim Setda Kab. Belitung – Dalam upaya untuk meningkatkan dan memulihkan perekonomian di Kabupaten Belitung, khususnya sektor pariwisata dan UMKM, maka Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belitung, melaksanakan kunjungan kerja Studi Komparatif ke Kabupaten Jepara, yang diikuti oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos didampingi Forkopimda dan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si, pada Kamis (20/10/2022), bertempat di Kantor Bupati Jepara pada pukul 09.00 Wib.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini penting yakni untuk saling mengenalkan potensi daerah dan untuk mengembangkannya bersama. “Kabupaten Belitung dikenal dengan daerah tambang timah, namun seiring zaman timah sudah berkurang dan kini Belitung sudah beralih ke pariwisata yang memanfaatkan keindahan alam”, ujar Sahani.

Selain itu, Sahani juga menjelaskan dari segi sektor lainnya Kabupaten Belitung juga luar biasa. “Dari sektor kelautan kami luar biasa, ada juga lahan yang subur. Sekarang Kabupaten Belitung sudah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang dan baru menjadi tuan rumah penyelenggaraan Development Working Group (DWG) G20”, papar Sahani.

Kemudian, dari segi pendapatan daerah Sahani mengatakan sektor UMKM ada sekitar 30 Ribu Pelaku Usaha yang bergerak dibidang kuliner dan kerajinan. “Untuk itu, bukannya mau bersaing, tetapi kami ingin belajar dan bekerjasama dengan Kabupaten Jepara dalam meningkatkan perekonomian daerah khususnya melalui sektor UMKM”, jelas Sahani.

Bupati Belitung berharap melalui kunjungan ini, Pemerintah Daerah dapat mempelajari hal yang bisa membangkitkan kembali pariwisata di Kabupaten Belitung. “Dengan maksud dan tujuan kita uji tiru dalam hal pembinaan UMKM dan pemasarannya, sekaligus mengembangkan daerah kepulauan”, tutup Sahani.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, S. Sos., M.M., M.H menyampaikan bahwa potensi Jepara hampir sama dengan Belitung, juga mempunyai potensi kelautan. “Kita memiliki ubi kayu yang akan kita kembangkan. Wilayah kita terdiri dari pantai, pegunungan dan kepulauan. Kemudian untuk pariwisata potensi kita ada pada industri jasa, UMKM kita juga memiliki kerajinan-kerajinan yang sudah terkenal yaitu kayu ukir, tenun, batik dan pengerajin kita sudah mengekspor ke 105 negara”, ujar Edy.

Ditambahkan Edy, Kerajinan tersebut yang diunggulkan dan lima tahun terakhir Kabupaten Jepara juga mengembangkan sektor pariwisata yaitu wisata Kepulauan Karimun Jawa. “Di Karimun Jawa keindahan alamnya hampir sama dengan Belitung. Mudah mudahan kedepan kami juga bisa berkunjung ke Kabupaten Belitung dan bersama kembangkan potensi daerah”, jelas Edy.

Turut hadir Kajari Jepara, Muhamad Ichwan, S.H, Kepala Kesbangpol Kabupaten Belitung, Fedy Malonda, S.H, Kepala BPPRD Kabupaten Belitung, Iskandar Febro, S.H, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Jepara serta tamu undangan lainnya. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Dafry)