Pemkab Belitung Dorong Pengembangan Homestay di Kecamatan Sijuk

0
20

Sijuk___Menjalani pembangunan masa pandemi Covid-19, derap pariwisata di Kabupaten Belitung terus melangkah maju dan berbenah. Berbagai upaya dan langkah positif terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk mengangkat kembali gaung pariwisata dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk terus bangkit mendorong pembangunan pariwisata daerah.

Tentunya dalam pengembangan pariwisata sebuah daerah harus fokus terhadap beberapa hal. Atraksi merupakan hal yang paling penting untuk ditonjolkan, kemudian harus didukung pula oleh kesiapan sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya pengembangan hotel dan homestay untuk mendorong perekonomian masyarakat.

Salah satu homestay yang menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Belitung, adalah pengembangan homestay di wilayah Kecamatan Sijuk yang merupakan sentra penting kawasan pariwisata daerah. Sejak dilantiknya Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata RI tentunya membawa angin segar bagi pembenahan pariwisata daerah. Karena Beliau cukup konsen dalam pengembangan pariwisata daerah, salah satunya pembangunan homestay di kawasan pariwisata. Apalagi Belitung tahun ini juga akan ditetapkan sebagai Wilayah Unesco Global Geopark (UGG). ‘’Beberapa hal ini merupakan kesempatan emas bagi Belitung untuk melanjutkan pembangunan pariwisata dan melakukan pembenahan-pembenahan untuk kemajuan pariwisata daerah’’, ungkap Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si saat melakukan audensi dan pertemuan dengan para pemilik homestay di Kecamatan Sijuk, Kamis, (28/1/2021) bertempat di homestay ‘’Pak Ma’i’’, Desa Keciput Tanjung Kelayang.

Dalam kesempatan ini, Wabup juga mendorong para pelaku homestay untuk terus berbenah dan memperbaiki diri agar pariwisata Belitung bisa ‘’naik kelas’’. ‘’Masa pandemi ini, kita jangan hanya berdiam diri. Kita harus mulai bangkit untuk menyusun strategi sampai menunggu next normal atau normal selanjutnya. Mari kita mulai berpikir dan menggagas ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengangkat pariwisata daerah’’, ujarnya.

Kata Isyak, bulan depan (Februari) akan ada kunjungan Menteri Pariwisata. Saya minta agar kita bisa mempersiapkan diri, salah satunya dengan menyiapkan data-data yang akurat, data-data yang ada agar bisa diupgrate, khususnya terkait homestay di Kabupaten Belitung. ‘’Ketika UGG ditetapkan kita harus sudah mengglobal. Pelayanannya sudah harus global, namun tidak menanggalkan kearifan lokal kita. Nanti kita adakan pertemuan kembali untuk penguatan menyamakan visi misi dan langkah untuk pembangunan pariwisata’’, pungkas Isyak.

Dalam kesempatan ini, beberapa pemilik homestay juga menyampaikan beberapa permasalahan dan kendala, serta usulan dan masukan terkait pengembangan homestay, sekaligus juga meminta dukungan dan bantuan Pemerintah Daerah untuk pengembangan homestay, salah satunya terkait promosi digital dan langkah-langkah peningkatan kualitas pelayanan untuk tamu.

Turut hadir mendampingi Wabup dalam pertemuan, jajaran Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung, dan segenap undangan lainnya. Diakhir acara, Wabup dan rombongan juga menyempatkan diri untuk meninjau salah satu homestay yang berada di Kecamatan Sijuk.***dk